Buah Duren Picu Duel Berdarah di Kabupaten OKU

Tersangka Andi saat diamankan di Mapolsek Ulu Ogan (kiri), serta korban Dahni saat dirawat di UGD RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Senin (10/02/2020) malam. Foto: eko/Palpos.ID

BATURAJA, PALPOS.ID – Duel berdarah di kebun duren melibatkan dua petani di Talang Mekhate Siang Desa Gunung Tiga Kabupaten OKU, terjadi sangat sadis.

Dalam duel tersebut, sajam jenis golok tersangka Andi (34), warga Desa Kelumpang, diayun bertubi-tubi ke tubuh korban Dahni. Beruntung, meski mengalami sejumlah luka bacokan dari kepala hingga punggungnya dengan luka terbuka (menganga) lebar, nyawa Dahni masih selamat.

Ternyata, pemicu duel Andi vs Dahni yang pernah tinggal berdekatan rumah di Desa Gunung Tiga tersebut, bukan dikarenakan korban Dahni kepergok naik batang duren milik Andi. Melainkan dipantik sebuah duren jatuh diantara pohon duren milik keduanya yang berdekatan, dalam kebun duren di Talang Mekhate Siang.

Motif kejadian diceritakan Lili (40), isteri korban Dahni, saat mengantar suaminya ke rumah sakit di Baturaja, Senin (10/02/2020) malam. “Saat itu ada buah duren jatuh. Oleh korban duren diambilnya. Kebetulan di lokasi batang duren korban dan batang duren pelaku berdekatan. Begitu duren jatuh diambil korban, terjadilah miss komunikasi karena pelaku juga mengklaim duren jatuh itu dari pohon duren miliknya,” begitu ungkap Kapolsek Ulu Ogan Iptu Eddy Hernata menterjemahkan keterangan Lili.

Dari pantauan di Ruang IGD RSUD Ibnu Sutowo tempat korban mendapat tindakan medis, korban mengalami luka bacok di kepala, bahu, punggung dan lengan.

“Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB. Ada sekitar lima luka bacokan menggunakan sajam jenis golok. Tapi korban fisiknya termasuk kuat. Alhamdulillah nyawanya tertolong. Untuk pelaku sudah kita tangkap dan kini masih diperiksa Kanitreskrim di Mapolsek,” terang Iptu Eddy.

Sebagaimana diberitakan, warga dua desa di Kecamatan Ulu Ogan, masing-masing Desa Gunung 3 dan Desa Kelumpang sore hingga malam, Senin (10/02/2020) geger. Dua petani sedang menjaga buah duren jatuh di Talang Mekhate Siang, Desa Gunung Tiga terlibat duel berdarah. Akibatnya Dahni jatuh bersimbah darah. (eco)