Gubernur HD Cari Solusi Lanjutkan Pembangunan KTEHP

Gubernur HD foto bersama dengan Danlanud SMH Kolonel Pnb Firman Wirayuda, Selasa (11/02/2020). Foto: humas pemprov sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima kunjungan silaturahmi Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb Firman Wirayuda, Selasa (11/02/2020), di Griya Agung.

Kesempatan itu dimanfaatkan HD berkoordinasi menyelesaikan persoalan yang menghambat laju pembangunan di kawasan terpadu embarkasi haji Palembang (KTEHP).

“Saya ingin mengajak agar embarkasi haji dapat dijalankan. Ini bangunan yang sangat monumental apalagi ini untuk umat muslim,” kata Gubernur HD.

HD meminta Danlanud bersama-sama mencari solusi persoalan terkendalanya pembangunan ini. “Mari kita cari jalan yang terbaik. Tidak begitu penting itu punya Danlaud atau bahkan Pemprov, akan tetapi itu untuk kepentingan bangsa. Yang penting dapat dibangun kembali,” harapnya.

Menurut HD, Ia tidak akan mempersoalkan embarkasi aset milik siapa, namun penting  embarkasi haji dapat dibangun dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Untuk diketahui kawasan terpadu embarkasi haji tersebut selama ini digunakan sebagai tempat calon jemaah haji dan umrah di Sumsel untuk manasik sebelum menjalankan ibadah di Mekkah. Manasik Haji yang diresmikan pada tahun 2017 ini dilengkapi Ka’bah ukuran seperti aslinya, lintasan sai, latihan melempar jumrah, mock-up pesawat jenis Airbus 230, museum Islam, dan hotel syariah.

Selain mempererat tali silaturahmi serta jalinan komunikasi. Pada audiensi ini Gubernur Herman Deru berharap agar Danlanud yang baru dapat bersinergi bersama Pemprov Sumsel demi kemajuan pembangunan di Sumsel.

Sementara itu, Danlanud SMH Kolonel Pnb Firman Wirayuda mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru sudah menyempatkan diri untuk menerima audensi ini.

Terkait Embarkasi Haji, dukungan sama disampaikan Danlanud agar aset tersebut tetap dijaga. “Bagaiamanapun ini sebagai bentuk aset pemerintah, tentu untuk dijaga akan tetapi sesuai peraturan yang ada,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dia juga mendukung agar manasik haji ini dapat dijalankan, mengingat embarkasi sangat penting bagi masyarakat luas terutama bagi yang berangkat haji maupun umrah. (bar)