Dua Hari, Tiga Pengedar Narkoba Diringkus

Ketiga tersangka dan barang bukti dirilis Satresnarkoba Polrestabes Palembang, Rabu (12/02). Foto: Mizon bulek

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dalam dua hari terakhir, Senin (10/02) dan Selasa (11/02), Satresnarkoba Polrestabes Palembang, berhasil mengamankan tiga pengedar narkoba jenis sabu di lokasi berbeda.

Tersangka pertama yang diamankan, Syarifudin alias Udin (31), warga Jalan Ki Marogan, Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati. Kemudian Andi Saputra (39), warga Jalan A Yani, Lorong H Umar, Kelurahan 9-10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, dan M Basid (43), warga Jalan Muhajirin, Lorong Khotib III, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I Palembang.

“Ketiga pengedar narkoba ini, diringkus di rumahnya masing-masing. Mereka diamankan berkat informasi dari masyarakat, bahwa di rumah para pelaku sering terjadi transaksi narkoba,” kata Kasat Narkoba Polrestabes Palembang, AKBP Siswandi, Rabu (12/02).

Selain menangkap ketiga pelaku, kata Siswanto, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti sabu dan ekstasi.

“Dari pelaku Udin, diamankan dua paket sabu dengan berat 4,05 gram, satu ponsel, dan satu sepeda motor Honda Beat BG 3409 XA. Dari pelaku Andi, disita 12 paket sabu dengan berat 14,92 gram, satu timbangan digital, satu ball plastik klip bening, satu sekop dari pipet, dan satu dompet. Lalu dari pelaku Basid, empat paket sabu seberat 34,06 gram, tiga butir pil ekstasi logo kodok, satu timbangan digital, satu ponsel dan uang Rp500 ribu,” sebutnya.

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku dikenakan dengan Pasal 114 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Ditanya awak media, pelaku Masid mengaku baru sekitar enam bulan terakhir menjalankan bisnis haram tersebut. Narkoba yang diedarkannya, didapat dari seorang bandar di Palembang, lalu dipecah lagi dan dijual perpaket Rp600 ribu.

“Baru setengah tahun saya jadi pengedar, karena keuntungannya lumayan besar dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (zon)