Dump Truk Tumpah, 31 Pelajar Luka-luka

Korban kecelakaan termasuk anak-anak mendapat pertolongan medis di RSUD Lahat, Rabu (12/02/2020). Foto: istimewa

LAHAT, PALPOS.ID – Kecelakaan lalu lintas nyaris memakan banyak nyawa terjadi di Tebing Maut Desa Bungamas Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, sekitar pukul 07.00 WIB, Rabu (12/02/2020).

Mobil dump truk antar jemput pelajar milik PT Prisma Cipta Mandiri (PCM), masuk jurang. Akibatnya, 31 pelajar, dua karyawan dan sopir dump truk mengalami cedera serius.

Peristiwa nahas itu berawal saat mobil bak terbuka, syarat muatan manusia itu, melaju dari arah permukiman karyawan PCM, menuju Bungamas, untuk mengantar pelajar. Saat menanjak di Tebing Maut, tiba-tiba mesin mobil mati. Mobil tersebut pun mundur, membuat seluruh penumpang panik.

Puluhan penumpang pun nekat meloncat dari dump truk. Badan mobil pun meluncur ke jurang, hingga badan mobil tersebut jungkir balik. Hampir seluruh penumpang dan sopir mobil mengalami cedera. Bahkan, ada korban mengalami patah kaki. Peristiwa itupun cepat diketahui warga, hingga seluruh korban langsung dilarikan ke Puskesmas Bungamas.

“Sudah dievakuasi. Beberapa korban ada yang dirawat di RSUD Lahat,” kata Kapolres Lahat, AKBP Irwansyah, melalui Paur Humas, Aiptu Lispono. Menurut Lispono, faktor jalan yang menanjak dan rusak, diduga jadi penyebab kecelakaan tunggal itu.

Kondisi mobil yang kurang perawatan, hingga sudah tidak layak pakai juga jadi penyebab. Mobil tersebut, tidak memenuhi standar untuk angkutan penumpang. Apalagi untuk angkutan sekolah atau pelajar.

“Kita melalui Polsek Kikim Timur telah mengimbau pihak perusahaan agar tidak mengoperasikan kendaraan yang terlibat laka itu, karena tidak memenuhi standar untuk angkutan manusia,” tegas Lispono. (ari)