Panwascam Buka Pendaftaran Calon Anggota PKD

Novri Hasan SPt, Ketua Panwascam Martapura Kabupaten OKU Timur. Foto: istimewa

MARTAPURA, PALPOS.ID – Mendukung pengawasan Pilkada OKU Timur bulan September mendatang, Panwascam Martapura saat ini telah membuka pendaftaran perekrutan calon anggota Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD).

Demikian dikatakan Ketua Panwascam Martapura Novri Hasan SPt, di ruang kerjanya, Rabu (12/02/2020). Menurutnya, perekrutan dan pembentukan calon anggota PKD dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bawaslu RI Nomor 19 tahun 2017 yang telah diubah menjadi Nomor 8 tahun 2019, bahwa Bawaslu membuka kesempatan bagi WNI khususnya di Kabupaten OKU Timur yang memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan diri menjadi anggota PKD.

“Tujuan pembentukan anggota PKD ini tidak lain untuk membantu tugas Bawaslu dan Panwascam dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada. Sesuai timeline pembentukan PKD, pengumuman pendaftaran dimulai sejak Senin (10/02/2020) hingga Minggu (16/02/2020). Selanjutnya proses pendaftaran dan penerimaan berkas dilaksanakan mulai Minggu (16/02/2020) hingga Sabtu (22/02/2020). Untuk informasi lengkapnya calon pendaftar bisa langsung datang ke Kantor Panwascam Martapura, Jalan Kebun Jati Timur Kelurahan Dusun Martapura Kecamatan Martapura,” jelasnya.

Mengenai persyaratan pendaftar sambungnya, terdapat 15 poin yang wajib dipenuhi peserta salah satunya diantaranya, peserta merupakan WNI dan saat mendaftar berusia minimal 25 tahun. Kemudian setia dan taat kepada pancasila dan Undang-undang dasar 1945, memiliki kemampuan dan keahlian berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu serta berpendidikan minimal SMA sederajat.

“Setelah seleksi nanti, untuk di Kecamatan Martapura anggota PKD yang akan kita ambil hanya sebanyak 16 orang atau satu orang untuk satu desa atau kelurahan. Untuk itu bagi masyarakat yang berminat untuk bergabung menjadi anggota PKD bisa mengambil formulir pendaftaran dan melengkapi berkas-berkas persyaratan agar bisa mengikuti tahapan seleksi,” pungkasnya. (ard)