Tiga Perampok Sopir Travel Diringkus, Lima Buron

Ketiga pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Lubuklinggau. Foto: Maryati

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID – Tiga dari delapan kawanan begal sopir travel, Gunawan (42), warga Lorong Cempedak Palembang, diringkus jajaran Satreskrim Polres Lubuklinggau. Ketiga pelakunya, Andi Darwin (25), Andeni Apri Yuliansyah (30) dan Arbian (25), ketiganya warga Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, Minggu (09/02), sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono, didampingi Kasat Reskrim, AKP Alex Andrian menjelaskan, kejadiannya Jumat (07/02), sekitar pukul 14.00 WIB, korban Gunawan mendapat jasa order dari temannya Ardi di Palembang.

“Dari temannya Ardi, diketahui penumpang mau menyewa mobil Inova berikut sopirnya dengan tujuan Kota Lubuklinggau dan Sorolangun Jambi selama tiga hari dengan sewa Rp600 ribu perhari,” jealsnya dalam press rilis, Selasa (11/02).

Lalu korban dengan menggunakan mobil Kijang Inova warna abu-abu metalik Nopol BG 1488 QA, sekitar pukul 15.10 WIB, pelaku Jaka (DPO) dan Arbian yang menunggu di depan Pempek Candy Palembang.

“Kemudian korban bersama kedua tersangka langsung menuju Kota Lubuklinggau, dan tiba sekitar pukul 03.15 WIB, Sabtu (08/02). Korban diminta menjemput temannya atau tersangka lainnya di Hotel Royal Jalan Yos Sudarso Lubuklinggau,” ujarnya.

Lalu korban bertemu dengan tersangka Tamimi (DPO) yang turun dari mobil Xenia warna silver dikemudikan tersangka Andeni dan disebelahnya ada seorang wanita. Tersangka Tamimi beralasan kalau temannya di mobil Xenia mau ikut kompoi ke Sorolangun Jambi.

Dalam perjalanan  korban diminta berhenti, dan tiba-tiba tersangka Tamimi langsung menjerat leher korban dengan tali tambang serta menutup kepala korban dengan kain hitam. Sedangkan tersangka Jaka mengikat tangan dan kaki korban, lalu memindahkannya ke kursi belakang.

“Para tersangka membawa korban keliling sekitar satu jam, lalu korban diturunkan dan diikat di pohon. Salah satu tersangka melepaskan empat kali tembakan untuk menakuti korban, lalu meninggalkannya,” jelasnya.

Beberapa jam kemudian korban berhasil melepaskan diri dan meminta pertolongan warga. Setelah itu korban melaporkan kejadian itu ke Polres Lubuklinggau, kurang dari 24 jam ketiga pelaku berhasil diamankan di daerah Sikut. (mar)