Ide Sawit Rakyat Dodi Pukau Peserta Andalas Forum II

Bupati Muba Dodi saat memaparkan sawit rakyat di hadapan ratusan peserta Andalas Forum II, di Ballroom Hotel Harper Palembang, Kamis (13/02/2020). Foto: humas pemkab muba

PALEMBANG, PALPOS.ID – Ratusan peserta Andalas Forum II asal  Provinsi Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Bengkulu, Jambi dan Sumsel, terpukau oleh ide pengembangan sawit rakyat di Muba.

Acara  digelar Gapki Sumsel, di Ballroom Hotel Harper Palembang, Kamis (13/02/2020). Rangkaian acara yang digelar selama dua hari ini membahas  promosi dan implementasi keberlanjutan kelapa sawit di Indonesia.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin MBA, yang mendapatkan undangan Gapki Sumsel memaparkan tema pemberdayaan petani kelapa sawit. ‘’Ini kesempatan sangat berharga. Bupati Muba Dodi Reza adalah sosok pemimpin visioner yang sangat konsen memperjuangkan keberlanjutan kelapa sawit di Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif Gapki, Mukti Sardjono.

Menurut Mukti, paparan pada seminar ini akan menjadi serapan ilmu pengetahuan bagi para pelaku usaha perkebunan di Indonesia untuk memajukan kelapa sawit yang berkelanjutan, terkhusus sawit rakyat.

Kepala BPDP-KS diwakili oleh Direktur Penghimpunan Dana BPDP-KS, Sunari menyebutkan, keberlanjutan sawit rakyat merupakan program prioritas pemerintah nasional.

“Kabupàten Muba dibawah komando Dr H Dodi Reza Alex telah membawa keberhasilan sawit rakyat. Terbukti bersama BPDPKS telah melakukan peremajaan sawit pertama di Indonesia,” ucapnya.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin MBA memaparkan  warga Muba yang sangat bergantung dengan komoditas perkebunan sawit dan karet. “Jadi, untuk menyiasatinya, kita harus punya quantum atau terobosan supaya warga yang bergantung pada komoditas perkebunan tidak kesulitan ketika harga komoditas perkebunan anjlok,” terangnya.

Menyiasati hal tersebut, Doktor lulusan Universitas Padjajaran ini mengatakan, telah mengimplementasikan terobosan inovasi berupa pengelolaan kelapa sawit menjadi BBM atau biofuel.

“PSR Muba menuju energi baru dan terbarukan. Ini dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah bagi pekebun sawit di Muba. Strategi dilakukan Pemkab Muba yaitu melakukan kunjungan dan diskusi dengan tim peneliti biohidrokarbon ITB, Percepaan Produksi BBN dengan Katalis Metah Putih produk ITB dan Muba Menuju Bahan Bakar Nabati (BBN),” bebernya. (rom)