Kawanan Begal Sadis Nyerah Dipelor

Komplotan begal sadis diamankan Tim Opsnal Jatanras Polda Sumsel. Foto: Denni

PALEMBANG, PALPOS.ID  Tiga komplotan begal sadis kembali diringkus anggota Unit IV Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel, yakni Riko Suprianto Wijaya (19), Ibrahim (17), dan Ipan (DPO), ketiganya warga Jalan Manunggal, Lorong Beringin 2, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang.

Tersangka Riko Suprianto Wijaya, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kakinya, lantaran melawan dan berusaha kabur saat akan dilakukan penangkapan di rumah keluarganya di daerah Kemang Manis, Kamis (13/02), sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketiga buruh ini, melakukan aksi begal di Jalan Rambutan Dalam, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Sabtu 14 Desember 2019, sekitar pukul 23.30 WIB. Korbannya pelajar bernama, M Laksana Cahaya, warga Jalan Sutan Mansyur, Kecamatan Ilir Barat I.

Waktu itu, korban mengendarai sepeda motor Honda Beat BG 2423 NA, melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan dihadang ketiga pelaku. Salah satu pelaku menodongkan pisau kepada korban, dan dua pelaku lain merampas motor.

Lalu korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Ilir Barat II Palembang. Sekitar sepekan kemudian, pelaku Rico mendatangi rumah korban meminta agar tidak melapor ke polisi, sehingga sempat terjadi keributan dan korban dipukul serta ditusuk dengan pisau.

Dari “nyanyian” Rico, polisi kembali menangkap pelaku lainnya, yakni Ibrahim yang berperan menjualkan motor korban Rp2 juta. Lalu anggota juga mengamankan dua penadah motor curian, Bambang Hermanto dan Agus.

Kasudit 3 Jatanras Polda Sumsel Kompol Suryadi SIk didampingi Kanit II Kompol Zainuri SH, membenarkan penangkapan terhadap kawanan begal tersebut.

“Mereka ini sadis dan meresahkan dalam aksinya. Kita beri tindakan tegas terhadap pelaku utamanya. Dari pengembangan kita tangkap pelaku lainnya, termasuk dua penadahnya,” katanya menambahkan, para pelaku dijerat Pasal berlapis yakni 365 KUHP dan Pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas 7 tahun penjara. (den)