Mal Pelayanan Publik Palembang Siap Dilaunching

Mal Pelayanan Publik (MPP) yang saat ini progres pembangunan sudah mencapai 95 persen. Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Deputi Layanan Publik Kemenpan RB, Senin (17/02/2020) pagi, dijadwalkan akan meninjau lokasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Palembang di Jalan Gubernur HA Bastari. Peninjauan ini, ingin memastikan persiapan MPP siap dilaunching dalam waktu dekat ini.

Kepala DPMPTSP Palembang, Akhmad Mustain mengatakan, saat ini infrastruktur di MPP Kota Palembang, telah memasuki tahap finishing. “Infrastruktur MPP sudah 95 persen telah selesai, tinggal kesiapan OPD lain yang akan bergabung di MPP,” jelas Mustain, Minggu (16/02/2020).

Adapun organisasi (OPD) di lingkungan Pemkot, yang akan memberikan pelayanan di MPP ini, katanya, Disdukcapil, BPPD, PDAM Kesbangpol, PU, Dishub, Perdagangan, Perindustrian, DLHK.

“Dari eksternal Pemkot juga ada, seperti Kepolisian untuk perpanjangan SIM, Samsat, Imigrasi, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Ombudsman, Ikatan Notaris, Pertanahan, Kemenkumham, dan ikatan arsitektur,” tuturnya.

Dipastikan mereka yang memberikan pelayanan ini, tidak dikenakan biaya sedikitpun. “Selagi mereka memberikan pelayanan publik, tidak ada biaya sewa, dan Pemkot juga berikan fasilitas komputer, listrik, jaringan internet, selama untuk melayani masyarakat Insya Allah disiapkan Pemkot,” sambungnya.

Di MPP ini ada sesuatu yang berbeda, seperti ungkap Mustain, disini disiapkan ruang konsultasi kejaksaan tersendiri, sehingga masyarakat dapat berkonsultasi mengenai hukum, dan juga disiapkan ruang terbuka, untuk digunakan masyarakat untuk rapat ataupun aktifitas lainnya. “Silakan jika ada masyarakat, ataupun komunitas yang mau menggunakan publik space di MPP,” jelasnya.

Untuk launching MPP sendiri, Mustain mengungkapkan masih menunggu Deputi Layanan Publik, yang akan meninjau kesiapan MPP, dan direncanakan mereka (Deputi Layanan Publik, red) akan datang besok. “Kita berharap secepatnya segera dilaunching, karena pada dasarnya kita telah siap, dan kami ingin bisa diresmikan sebelum bulan Ramadhan,” tandasnya. (sef)