Boim Ditembak Setelah Tiga Kali Mencuri Pagar Rumah

Tersangka Boim diamankan di Polsek IT I Palembang. Foto: itimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Alasan karena terdesak untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, Azhari Alkaf alias Boim (32), warga Jalan Dr M Isa, Lorong Sei Jeruju II, Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur III, mencuri pagar besi rumah milik Lin Lan In (72), warga Jalan Ali Gatmir, Kelurahan 13 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Minggu 2 Februari 2020, sekitar pukul 06.10 WIB.

Namun perbuatan nekatnya tersebut harus dibayar mahal. Dua pekan usai beraksi, Boim diringkus Tim Buser Polsek Ilr Timur I di rumahnya, Minggu (16/02), sekitar pukul 23.15 WIB. Bahkan, Boim terpaksa dilumpuhkan dengan sebutir timah panas yang bersarang di kaki kirinya, lantaran berupaya kabur saat digerebek.

Kapolsek IT I, Kompol Edi Rahmat didampingi Kanitreskrim, Iptu Alkap mengatakan, pelaku sudah tiga kali melakukan tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat).

“Dari pengakuan tersangka, dia selalu mengincar rumah yang ditinggal oleh pemiliknya, seperti rumah korban Lin Lan In,” jelas Alkaf, Senin (17/02).

Dalam aksinya yang terakhir, kata Alkaf, tersangka terlebih dahulu memastikan rumah korban kosong. Kemudian mencongkel pagar besi sepanjang 4 meter yang terpasang di halaman rumah korban.

“Setelah itu, pelaku memotong pagar besi tersebut menjadi empat bagian, lalu baru dijualnya,” katanya.

Akibat perbuatannya, korban mengalmai kerugian sekitar Rp3 juta dan melapor ke Polsek Ilir Timur I. “Kemudian laporan korban kita tindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan, hingga berhasil mengamankan pelaku. Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegas Alkap

Sementara, Boim mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian pagar besi tersebut. “Iya, Pak. Saya sudah tiga kali mencuri pagar besi rumah orang, tapi yang ketiga ini saya ditangkap. Besinya saya jual sama Arman Rp280 ribu, uangnya sudah habis dipakai untuk keperluan keluarga sehari-hari,” ujar Boim. (zon)