Pencuri Kotak Amal Masjid Terekam CCTV

Terduga pelaku pencurian kotak amal Masjid Jamiul Khoirot yang viral di medsos. Foto: denni/Palpos.ID/repro

PALEMBANG, PALPOS.ID – Baru sepekan Unit Reskrim Polsek Sako meringkus pelaku pencuri kotak amal berisi uang Rp20 juta, di Masjid Al Qobah II Jalan Pupuk Raya, Perumahan Pusri, Kecamatan Sako. Warga kembali diresahkan dengan aksi pelaku pencuri kotak amal di Masjid Jamiul Khoirot, Kertapati.

Menurut keterangan Ustad Syaiful sekaligus pengurus Masjid Jamiul Khoirot di Jalan Porga Ujung, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, aksi pelaku pencuri kotak amal tersebut terekam CCTV, Sabtu (15/02/2020), sekitar pukul 16.45 WIB.

“Kejadian pencurian kotak amal pertama kali diketahui oleh sejumlah remaja usai salat Isya di masjid Jamiul Khoirot. Waktu diangkat mau dipndahkan ke dalam masjid  kotaknya terbuka, isinya tinggal uang recehan saja,” jelasnya, dikonfirmasi Palpos.ID, Senin (17/02/2020).

Ketika diperiksa, kata Ustad Syaiful, ternyata kotak amal telah dibobol pencuri dengan cara menggergaji gemboknya. “Jadi diceklah CCTV, kejadiannya pada Sabtu (15/02/2020), sekitar pukul 16.45 WIB. Dalam rekaman itu, terlihat mulai dari pelaku masuk masjid sampai membuka kotak amal,” ujarnya.

Untuk kerugian yang dialami, kata Ustad Syaiful, tidak terlalu banyak, hanya sekitar Rp100 ribu. “Isi kotak amal yang hilang tidak sampai Rp100 ribu, masih tersisa uang recehnya,” tukasnya.

Senada dikatakan Muhammad Ilham, warga Organ Baru, sebelumnya juga pernah terjadi pencurian kotak amal di masjid Jamiul Khoirot yang berada di dekat rumahnya tersebut.

“Ini kedua kalinya, bulan lalu pelaku yang mencuri kotak amal ini berinisil TN warga dari luar. sudah diserahkan ke Polsek Kertapati,” ujarnya.

Dengan adanya kejadian ini, dirinya dan warga di sektar masjid menjadi resah. “Kami harus waspada, apa lagi pelakunya terekam CCTV dan bukan warga sini,” ucapnya. (den)