Mendagri Segera Luncurkan ADM di Kabupaten Muba

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, menerima Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Sehat 2019 yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian beberapa waktu yang lalu. Foto: humas pemkab muba

SEKAYU, PALPOS.ID – Terobosan kemudahan pelayanan administrasi publik di Kabupaten Muba makin canggih. Dikomandoi Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex, Disdukcapil Muba menjadi daerah pertama di luar Jawa yang memiliki mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Mesin ADM hasil inovasi Kemendagri yang mirip seperti ATM (Anjungan Tunai Mandiri) ini mencetak berbagai dokumen kepentingan masyarakat seperti e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, kartu keluarga, dan Kartu Identitas Anak (KIA). Masyarakat  langsung bisa diperoleh mendapatkan hasil di waktu yang cepat.

“Untuk sementara, mesin ADM ini kita siapkan di Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Sanga Desa. Di luar pulau Jawa baru Kabupaten Muba yang punya mesin ADM ini,” ungkap Kepala Disdukcapil Muba, Asmarani.

Asmarani menjelaskan, bagi warga Muba yang ingin menggunakan mesin ADM tersebut harus melakukan registrasi terlebih dulu di Dinas Dukcapil Kabupaten Muba.

“Untuk prosedurnya, warga harus mendaftarkan diri ke Disdukcapil sesuai prosedur, lalu pemohon akan mendapatkan PIN yang dikirim ke nomor ponsel setelah mendaftar ke Kantor Disdukcapil setempat,” imbuhnya.

“Ada dua PIN yang akan diterima pemohon, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan PIN untuk mencetak. PIN hanya bisa digunakan untuk satu kali pencetakan,” tambah Asmarani.

Lanjutnya, dalam waktu dekat kehadiran mesin ADM tersebut akan diresmikan secara langsung Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Muba.

Sementara Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex menyebutkan, keberadaan mesin ADM tersebut salah satu upaya konkrit Pemkab Muba untuk terus memberi kemudahan pelayanan kepada warga Muba.

“Pokoknya kalau sifatnya sudah mengedepankan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat, Pemkab Muba akan berusaha selalu menjadi yang pertama dan terdepan,” tegasnya.

Menurutnya, keberadaan mesin ADM tersebut dapat mempercepat pelayanan langsung kepada masyarakat. “Sebelumnya juga kita sudah meluncurkan program tanda tangan elektronik, ini akan terus bertransformasi demi kemudahan warga Muba khususnya,” ulasnya. (rom)