Sungai Jeruju Jalan Perintis Kemerdekaan Penuh Sampah

Sungai Jeruju yang dipenuhi sampah sehingga menghambat aliran sungai. Foto : istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemkot Palembang terus menggiatkan gotong-royong. Kali ini,  gotong-royong  Aliran Sungai Jeruju di Jalan Perintis Kemerdekaan tepatnya dibelakang gudang cat, RT 08/03, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II.

Asisten III Bidang Kesra,  Agus Kelana yang memimpin gotong-royong mengharapkan dengan kegiatan ini dapat melancarkan aliran anak sungai dan sudah menjadi rutinitas setiap Hari Minggu.

“Ini merupakan kegiatan rutin, terlebih gotong-royong merupakan program Walikota Palembang yang memberikam manfaat. Di Sungai Jeruju ini sudah ditumbuhi enceng gondok dan sampah sehingga aliran air terhambat,” ujarnya.

Dikatakan Agus, pihaknya dibantu berbagai OPD terkait diantaranya PUPR untuk mengangkut sampah yang sudah lama mengendap. “Dengan bantuan alat berat, sampah akhirnya dapat terangkut. Paling banyak itu enceng gondok,” kata pria berkacamata ini.

Selain itu lanjut Agus, sedimentasi juga menghambat lajunya aliran air sehingga tidak lancar. “Alhamdulillah melalui kerja sama bersama berbagai OPD akhirnya dapat terangkut. Ini sudah menjadi kegiatan rutin kita, agak semua anak sungai dapat lancar sekaligus musim hujan ini kita harus sering-sering melakukan pembersihan, minimal di lingkungan sekitar rumah sendiri,” imbuhnya.

Agus mengimbau kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, karena selain dapat menyebabkan banjir juga berakibat fatal. “Kalau tidak bisa membersihkan,  jangan ngotori jadilah, sesuai motto pak walikota. Kami minta warga atas pengertiannya,” harap Agus.

Selain gotong-royong membersihkan sampah dan sedimentasi, Pemkot Palembang juga menghadirkan berbagai pelayanan,  salah satunya layanan untuk membuat KTP-el atau membuat surat keterangan lainnya.  Kemudian ada pelayanan kesehatan yang diperuntukkan masyarakat setempat. (sef)