Danau Deduhuk Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Berfoto bersama di belakang suasana danau Deduhuk Muara Enim, Minggu (01/03/2020). Foto Lukman/Palpos.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Kabupaten Muara Enim tak hanya memiliki wisata air terjun Bedegung.​ Di Dusun IV Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim, terdapat danau cantik diberi nama Danau Deduhuk.

Danau Deduhuk salah satu potensi wisata yang kini serius dikembangkan. Terbukti, Jumat (28/02/2020) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispar-ekraft ) bersama Tim yakni Dinas Kominfo, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda melakukan survey langsung ke danau dengan panorama cantik tersebut.

Kepala Dispar-ekraft Kabupaten Muara Enim Isdrin menuturkan Pemkab melalui​ (Dispar-ekraft) serius mengembangkan potensi wisata di tiap-tiap desa. Untuk itu, pihaknya melakukan survey bersama OPD terkait untuk pengembangan Danau Deduhuk sebagai destinasi wisata baru.

“Atas dasar survey ini, tahun 2021 kita akan memfokuskan untuk dikembangkan, mulai dari akses jalan, home stay, pedestrian, saung-saung, permainan air serta sarana prasarana penunjang objek wisata​ Danau Deduhuk​ ini,’’ kata Isdrin.

Menurutnya, wisata​ Danau Deduhuk​ ini sangat potensial sekali memancing wisatawan baik dari dalam ataupun luar. “Selain danaunya indah, suasananya pun sangat bersahabat untuk istirahat sejenak selepas bekerja (weekend),” ungkapnya.

Pihaknya akan turut mendorong masyarakat supaya bisa​ lebih kreatif mengembangkan seluruh potensi agrobisnis di sektor wisata di wilayah mereka, misalnya kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Muara Enim.

“Tapi, Yang terpenting harus dikelola dengan baik. Karena dari situlah dapat memajukan perekonomian masyarakat kita minimal disekitaran objek wisata tersebut,” pinta Isdrin.

Untuk diketahui, Jarak tempuh menuju​ Danau Deduhuk​ dari pusat Kota Muara Enim memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun 4. Danau dengan luas sekitar 90 hektare dengan kedalaman sekitar 12 meter​ jaraknya sekitar 130 km dari kota Muara Enim.

Sepanjang perjalanan masyarakat berkunjung dapat menikmati pemandangan alam menyenangkan, hamparan sawah, perbukitan nan hijau. Selain itu, wisawatan juga bisa singgah sebentar menikmati buah strawberi, serta macam-macam jenis sayuran di kebun masyarakat. (man)