SMAN 3 Palembang Ciptakan Hand Sanitizer

Sopian Asnawi Guru Kimia didampingi dua guru SMA Negeri 3 Palembang saat membuat hand sanitizer, Sabtu (21/03/2020). Foto istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Begitu tingginya Hand Sanitizer sebagai pembersih tangan digunakan untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, membuat benda yang satu ini sulit dicari di beberapa mal, supermarket dan sejumlah pusat perbelanjaan.

Maka dari itu Kepsek SMA Negeri 3 Palembang muncul ide untuk membuat sendiri hand sanitizer tersebut. “Mengingat hand sanitizer saat ini sudah langka, jadi muncullah ide dari kepala sekolah untuk membuat sendiri produk tersebut, terutama di lingkungan sekolah kita. Hand sanitizer yang kami buat berbahan Lidah Buaya yang menggunakan standar WHO,” jelas Sopian Asnawi, Guru Kimia SMA Negeri 3 Palembang, Sabtu (21/03/2020).

Sopian Asnawi menjelaskan, pembuatan hand sanitizer bahan utamanya dari lidah buaya sebagai pengganti gliserol, yang dicampur alkohol, dan cologne pewangi. Selain itu, pembuatan ini dilakukan karena hand sanitizer saat ini menjadi salah satu media pencegahan yang mulai langka.

“Akibatnya harga hand sanitizer mulai melonjak naik di pasaran. Mengingat jumlah perminataan hand sanitizer yang tinggi, jadi kita buat sendiri hand sanitizernya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk cara pembuatannya ialah Lidah Buaya dikupas dan hanya diambil bagian dagingnya. Lalu dagingnya diblender, terus disaring di kertas penyaring. Setelah itu, dicampurkan dengan alkohol 70 persen dan cologne sebagai pewangi. “Lalu dikocok-kocok dan bisa langsung dipakai,” bebernya.

Hingga saat ini, kata Sopian, pihaknya sudah memproduksi sampai 6,5 liter atau setara 60 botol ukuran 100 mililiter. “Kita belum bisa melibatkan siswa karena suasana masih libur. Nanti setelah masuk kita akan libatkan siswa,” ujarnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 3 Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi, mengatakan wilayah Sumsel ditetapkan sebagai kategori waspada mengenai penyebaran virus Corona.

Akibatnya masyarakat beramai-ramai melakukan pencegahan dengan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan untuk menangkal virus tersebut. “Hand sanitizer merupakan salah satu pencegahan sejak dini. Di samping itu, kita harus menerapkan cara hidup sehat dan lingkungan sekolah bersih,” tutupnya. (uci)