Jambret Perwira Polisi, Bayu Tersungkur Ditembak

Tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolda Sumsel, Senin (23/03). Foto: Denni

PALEMBANG, PALPOS.ID Sempat buron usai menjambret seorang perwira Polwan, Kompol FT. Akhirnya pelaku Bayu Saputra (23), warga Jalan Taqwa, Lorong Wakaf Badaruddin, Kelurahan Sei Selincah, Mata Merah Palembang, berhasil diringkus Unit II Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel.

Akibat ingin melarikan diri saat akan ditangkap, tersangka harus dilumpuhkan dengan dua butir timah panas yang bersarang di kaki kirinya, Senin (23/03), sekitar pukul 01.30 WIB. Usai mendapat perawatan medis di RS Bhayangkara Palembang, Bayu langsung digelandang ke Mapolda Sumsel untuk diproses hukum lebih lanjut.

Tersangka melakukan aksi jambret terhadap korban, Jumat 21 Februari 2020 lalu, saat Kompol FT berjalan kaki di kawasan Jalan Angkatan 45, persisnya di depan Hotel Arista, Kecamatan Ilir Barat I. Tiba-tiba korban dipepet pelaku yang mengendarai sepeda motor Honda Beat warna merah muda, dan langsung menarik tas korban.

Akibat kejadian itu, Kompol FT kehilangan barang-barang berharga yang ada di dalam tas tersebut, yakni surat-surat penting dan empat unit ponsel dengan total kerugian Rp21 juta. Kemudian korban melaporkan kejadian yang menimpanya ke Mapolda Sumsel dan ditindaklanjuti Unit II Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel, hingga berhasil meringkus pelaku Bayu di rumahnya.

Kasubdit 3 Jatanras Polda Sumsel, Kompol Suryadi SIk didampingi Kanit II, Kompol Bachtiar SH dan AKP Willy Oscar, membenarkan pihaknya menangkap pelaku jambret tersebut.

“Satu pelaku kita amankan, dengan tindakan tegas terukur. Untuk dua pelaku lagi kita minta segera menyerahkan diri atau kami yang akan mengambil langkah tegas,” tegasnya.

Sementara, tersangka Bayu mengaku, melakukan aksi jambret bersama dua temannya, Roy dan Rosi yang kini jadi buronan paling diburu polisi.

“Pas kejadian mengawasi keadaan, terus kasih kode sama Roy dan Rosi untuk beraksi. Aku juga yang jual barang hasil curian itu, hasilnya kami bagi rata,” kata Bayu meringis kesakitan. (den)