Antisipasi Virus Corona, Disdik Perpanjang LIbur Siswa

H Ahmad Zulinto SPd MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang. foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang memperpanjang libur untuk siswa, sehingga kegiatan belajar di rumah yang semula ditetapkan dari tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 28 Maret 2020, diperpanjang hingga 4 April 2020.

Kebijakan ini berlaku untuk seluruh kepala sekolah dari tingkat PAUD/Ra, SD/MI, SMP/MTS, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Kursus-kursus baik negeri maupun swasta se-Kota Palembang.

“Kegiatan belajar di rumah diperpanjang. Kalau sebelumnya hanya sampai 28 Maret 2020. Maka dengan keluarnya arahan baru dari Walikota Palembang, maka belajar dan mengajar di rumah diperpanjang 1 minggu kedepan. Terhitung tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 4 April 2020,” ungkap Kepala Disdik Kota Palembang H Ahmad Zulinto SPd MM, Rabu (25/03/2020).

Dengan keluarnya kebijakan tersebut, Zulinto meminta guru- guru, dapat berperan aktif memberikan tugas-tugas lanjutan kepada peserta didik, baik melalui media dalam jaringan (Daring), WhatsApp (WA) dan sebagainya.

Dan untuk orangtua, diharapkan membimbing anak-anaknya belajar di rumah, serta membatasi ruang gerak anak-anak untuk tidak beraktifitas di luar rumah sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 sejak dini yang sangat membahayakan keselamatan manusia ini.

Zulinto menegaskan, meski diliburkan, peserta didik diminta tetap efektif belajar di rumah melalui kelas jauh, dengan mengerjakan tugas diberikan guru atau kelas dikembangkan oleh Pustekom Pusdatin Kemendikbud, dibawah pemantauan guru dan orangtua.

Ia juga mengimbau, waktu libur diberikan ini, dimanfaatkan sebaik mungkin, bukan dimanfaatkan orangtua siswa mengajak anak mereka bepergian di tempat umum. Dan agar orangtua menjaga pola hidup sehat di lingkungan rumah.

Selain itu, dia juga meminta agar membiasakan mencuci tangan. “Untuk sementara waktu menghindari kebiasaan berpelukan dan mencium tangan,” tegasnya.

‘’Untuk mencegah corona ini, pihaknya juga mengimbau sekolah meniadakan kegiatan ekstrakurikuler selama pembelajaran di sekolah diliburkan,” pungkasnya. (uci)