4 ODP Diambil Sampel Spesimen, Dari Keluarga Positif Corona

Ilustrasi. Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Satgas pencegahan dan penanggulangan virus corona (Covid-19) Sumatera Selatan, melakukan pengambilan sampel terhadap empat orang dalam pemantauan (ODP) di Palembang. Mereka adalah keluarga dari seorang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang meninggal dunia dan diketahui positif terpapar virus corona.

“Empat ODP yang diambil sampelnya ini adalah istri dan anggota keluarga pasien positif corona. Karena keempatnya masuk pada kelompok kontak erat risiko tinggi,” kata Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona Sumsel, Yusri, Kamis (26/03/2020).

Sampel specimen keempat ODP ini, lanjut dia, akan dikirim ke Litbangkes Jakarta agar dapat dipastikan apakah juga terpapar virus corona atau tidak.

“Sekarang empat ODP ini menjalani isolasi diri di rumah sesuai UU No 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan. Namun tetap dalam pengawasan petugas dari Dinas Kesehatan Kota Palembang. Petugas melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan mereka setiap hari sejak anggota keluarga mereka berstatus PDP. Sejauh ini kondisi kesehatan mereka sehat. Namun, sesuai SOP maka mereka menjadi diprioritaskan untuk diambil sampelnya,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Ayus Astoni, mengatakan sudah melakukan pemantauan terhadap orang yang melakukan kontak erat berisiko dengan pasien positif virus corona itu sejak pasien itu dirawat di Rumah Sakit Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang. “14 orang berisiko sudah ditetapkan ODP. Empat orang dari pihak keluarga pasien corona dan 10 orang merupakan tenaga medis,” katanya. (sef)