Pembahasan LKPJ Walikota Terancam Molor

H Ahmad Palo SE, Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih. Foto: istimewa

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Kian meluasnya penyebaran Virus Corona, berimbas molornya agenda kerja DPRD Kota Prabumulih. Salah satunya yaitu pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota atas pengelolaan APBD Prabumulih tahun anggaran 2019.

“Dengan kita bekerja di rumah karena penyebaran virus covid-19 ini, sangat berpengaruh dengan kinerja kami yang kini sedang membahas LKPJ Walikota atas pengelolaan APBD tahun 2019,” ujar Wakil ketua I DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo SE, ketika dihubungi melalui telepon, Kamis (26/03/2020).

Dijelaskan Palo, karena penyebaran Covid-19 sejumlah rakor antara pansus dengan OPD yang telah terjadwal terpaksa ditunda pelaksanaannya. “Rapat-rapat koordinasi kita batasi yang memang memerlukan data kita via telepon,” ungkapnya.

Namun untuk turun ke lapangan guna melihat langsung hasil pembangunan sesuai yang ada di LKPJ, sambung Palo, tidak dapat dilaksanakan.

“Itu kita batasi, karena itukan kalau kunjungan ke lapangan otomatis ada komunikasi ada ngumpulkan orang, sementara kondisi sekarang harus membatasi diri dan menjaga jarak,” bebernya.

Terkait kondisi itu sambung Palo, pihaknya akan berkoordinasi dan berdiskusi antara pimpinan dan pansus apakah tetap melaksanakan paripurna pengesahan LKPJ atau tidak.

“PP No 13/2019 kaitan dengan LKPJ ini, waktu 30 harus selesai. Sementara kondisi sekarang kita harus sama maklum, inilah yang akan kami diskusikan apakah akan tetap melaksanakan paripurna ataukah paripurna ini kita tunda,” tuturnya.

Disinggung ada tidak sanksi jika hasil pembahasan LKPJ molor, politisi PPP ini secara tegas mengatakan tidak ada sanksi terkait keterlambatan tersebut.

“Tapi sayang inikan LKPJ ini adalah koreksi lembaga DPRD untuk perbaikan-perbaikan Pemkot. Jadi kita berikan masukan, kritik dan menyarankan terkait apa yang belum dilakukan pemerintah agar lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Selasa (17/03/2020) yang lalu DPRD Kota Prabumulih menggelar paripurna dengan agenda penyampaian LKPJ Walikota Prabumulih tentang pengelolaan APBD Kota Prabumulih tahun anggaran 2019 oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM. (wan)