Cegah Corona, KPU Mura Tunda Pembentukan PPDP 

Syarifuddin, Komisioner KPU Musi Rawas. Foto: istimewa/net

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Cegah pandemi corona atau covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas (Mura) menunda sejumlah tahapan pemikihan kepala daerah (pilkada) 2020. Salah satunya pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

“Pembentukan PPDP seharusnya sudah dimulai 26 Maret dan berakhir 15 April mendatang, dengan masa kerja 16 April hingga 17 Mei 2020, namun itu kita tunda untuk pencegahan pandemik covid-19,” demikian diungkapkan komisioner KPU Mura, Syarifuddin, Senin (30/03/2020).

Selain PPDP, KPU Mura juga menunda beberapa tahapan lain sebagaimana keputusan KPU RI No 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota 2020, dalam rangka upaya pencegaha  penyebaran covid-19.

“Mengacu pada keputusan KPU RI tersebut, KPU Mura juga menunda tahapan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan atau independen, juga penyusunan daftar pemilih,” kata Syarifuddin.

Bukan hanya itu lanjutnya, masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilantik pada 22 Maret lalu juga ikut ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. “Kapan mereka mulai bekerja akan ditentukan nanti setelah masalah covid-19 selesai,”  pungkasnya. (mar)