Kabupaten OKI Sumbang Dua Pasien Positif Covid -19

Pers release yang disampaikan jubir Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten OKI, Kamis (02/04/2020). Foto: istimewa

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKI mendapati satu lagi kasus positif Corona.

Seorang warga OKI dinyatakan positif setelah spesimennya diperiksa di laboratorium kesehatan di Palembang. “Berdasarkan hasil lab Balitbangkes Palembang yang kami terima pada tanggal 1 April, satu PDP dinyatakan positif,” ujar Juru bicara COVID-19 OKI, Iwan Setiawan, Kamis (02/04/2020).

Pasien perempuan berusia 20 tahun itu memiliki riwayat perjalanan dari Solo dan Semarang. Dan dalam perjalanan pulang ke Palembang sudah merasakan tidak enak badan.

“Pasien inisial T merupakan warga Kecamatan Tulung Selapan, OKI. Sudah melakukan isolasi mandiri sepulang dari perjalanan, dan tanggal 29 Maret memeriksakan diri di RSMH secara mandiri,” jelas Iwan.

Iwan menjelaskan, dari hasil wawancara pasien 07 mengeluhkan demam 38 derajat, batuk, dan sesak napas setelah pulang dari perjalanan. Saat ini pasien menjalani isolasi dan perawatan di RSMH. Dengan demikian kasus positif Corona di OKI sudah 2 kasus, dari 11 kasus positif covid -19 di Provinsi Sumsel.

Dengan bertambahnya kasus ini Pemkab OKI mengimbau kepada masyarakat untuk menunda terlebih dahulu perjalanan jauh, menghindari keramaian dan tetap menerapkan pola hidup bersih. Gugus tugas juga melakukan contact tracing kepada keluarga dan lingkungan pasien.

“Untuk gambaran umum, di OKI untuk data PTT 3.257 orang, selesai pemantauan 43 orang, data ODP 39 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terpapar langsung Covid-19 sebanyak 25 orang dan masih dalam pemantauan, PDP sampai hari ini berjumlah 3 orang, PDP yang negatif 2 orang,” tuturnya.

Iwan berharap ke depan tidak ada lagi pasien asal Kabupaten OKI yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Semoga ini menjadikan kita semakin waspada dan membuat kita tetap dan semakin saling menjaga agar tidak terjangkit. Semoga tekad dan upaya kita memutus ini dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (nur)