Enos Komitmen Galakkan Literasi Milenial untuk Kemajuan Desa

Enos mendengarkan langsung keluhan masyarakat setiap kunjungannya ke desa-desa di Kabupaten OKU Timur

OKUTIMUR, PALPOS.ID – Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) Lanosin Hamzah menyampaikan komitmennya untuk menggalakkan gerakan literasi untuk meningkatkan SDM masyarakat dan tentunya kemajuan daerah.

Pria yang akrab di sapa Enos ini juga menjelaskan, bahwa penggalakan gerakan literasi merupakan bagian dari upaya menghidupkan minat baca masyarakat. Dengan demikian, Enos berharap gerakan literasi tersebut dapat menambah wawasan  dan informasi secara luas dan mengurangi angka buta huruf di OKU Timur.

“Gerakan literasi di masyarakat harus digalakkan, apalagi saat ini sudah didukung dengan teknologi yang canggih. Masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi apapun,” jelas Enos, saat diwawancarai awak media di kawasan Belitang, Rabu (09/04).

Tidak hanya itu, adik kandung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ini juga menegaskan, gerakan literasi harus dipelopori oleh kaum milenial. Karena dengan potensi generasi milenial saat ini dinilai mampu memberikan warna untuk kemajuan daerah khususnya di desa-desa.

“Ke depan kami ingin wujudkan desa cerdas yang akan dipelopori generasi milineal. Seperti adanya Taman Baca Rakyat (TBR) di setiap desa bahkan sampai dusun. Selain itu, juga memberikan fasilitas jaringan internet di beberapa titik dengan harapan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan internet,” tegasnya.

Ia pun menambahkan, saat ini gerakan literasi yang dilakukan generasi milenial sudah jarang ditemui dengan membaca buku-buku di perpustakaan, mereka beralih dengan membaca buku melalui layar digital atau gadget

Oleh sebab itu, selain adanya taman baca di desa-desa atau dusun nanti, pihaknya juga ingin melengkapi dengan adanya layanan internet gratis seperti di pojok-pojok kampung atau tempat-tempat fasilitas umum lainnya.

“Ini bagian dari peningkatan SDM masyarakat melalui gerakan literasi. Agar masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi secara luas khususnya program-program pembangunan daerah. Kami juga akan membuka layanan kritik dan saran untuk perencanaan pembangunan daerah melalui situs online,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Nur Rofiqoh (23) perempuan asal kecamatan Belitang ini menyambut baik program literasi yang dicanangkan Enos tersebut. Menurut Rofiqoh, generasi milenial harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

“Memang kami sangat butuh fasilitas penunjang untuk menghidupkan budaya literasi khususnya layanan internet. Kebanyakan dari kami sudah membaca barbagai informasi dari gadget. Jadi saya sangat mengapresiasi upaya pak Enos untuk menggalakkan literasi di desa,” ungkapnya.

Selain itu, mahasiswi di salah satu perguruan tiinggi swasta di Sumsel ini juga mendukung penuh gerakan tersebut. Selain sebagai sarana belajar anak-anak, gerakan literasi merupakan bagian penting untuk menambah pengetahuan masyarakat.

“Kami menunggu program baik tersebut dan kami dari generasi milenial tentu mendukung pak Enos di Pilkada OKU Timur nanti. Karena beliau sangat peduli terhadap kemajuan masyarakat,” pungkasnya. (rel)