Berdayakan UKM, Kecamatan Sako Bagikan Masker

Camat Sako, Amiruddin Sandy SSTP MSi, didampingi ketua TP PKK Kecamatan Sako, saat melihat pengerjaan masker di Jalan Lebak Murni Lorong Pariah Murni I Perumahan Inayah Kelurahan Sako. Foto istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kelangkaan masker dipasaran, mendorong Camat Sako, Amiruddin Sandy SSTP Msi didampingi ketua TP PKK kecamatan Sako, Shefriyanti memberdayakan UKM setempat untuk memproduksi masker. Pihaknya juga meninjau langsung upaya proses pengerjaan disentra pembuatan masker tersebut. Berlokasi di Jalan Lebak Murni Lorong Pariah Murni I Perumahan Inayah Kelurahan Sako, Minggu (12/04/2020).

Hal ini tak lain dan tak bukan adalah upaya pencegahan wabah pandemi corona virus disease (covid 19). Salah satunya mengimbau masyarakat selalu memakai masker jika keluar rumah terutama di tempat umum. “Saat ini masker terbilang kebutuhan sangat penting dan sudah ada aturan dari gugus covid, setiap orang wajib pakai masker jika keluar rumah,” ujar Amir.

Ia mengatakan, pihaknya dari kecamatan berupaya agar sentra UKM tetap berjalan dan bisa membagikan masker gratis kepada masyarakat. Sehingga, pelaku UKM lokal bisa tetap naik dan masyarakat ikut terbantu.

Masker hasil produksi UKM tersebut sebagian besar dipesan oleh kecamatan Sako dan dibagikan gratis kepada masyarakat. Seperti sebelumnya, kecamatan Sako telah membagikan masker gratis di beberapa titik. Mulai dari Simpang Noerdin Panji, depan Pom bensin museum AK Gani, pasar Sako dan titik lainnya.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 500 masker gratis yang dibagikan pada tahap kedua. Terutama kepada tukang becak, tukang ojek, sopir angkot, pedagang keliling yang banyak beraktivitas di luar dan masyarakat lainnya.

“Masker kain ini kualitasnya cukup bagus, mudah-mudahan bisa membantu, jadi masyarakat tidak perlu beli lagi,” terangnya. Sehingga, bisa menghambat penyebaran covid 19 yang saat ini sudah sangat meresahkan. Terutama di wilayah kecamatan Sako, dengan tingkat kepadatan penduduk dan mobilitas yang cukup tinggi. “Jadi kita harus pastikan masyarakat dapat hidup dan tinggal dengan nyaman tanpa ada gangguan,” jelas Amir. (uci)