Senjata Makan Tuan, Bunuh Ipar Pasal Utang

Tersangka Riki Prayoga yang diamankan di Mapolsek Cengal, Minggu (19/04/2020). Foto: istimewa/net

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Senjata makan tuan. Begitulah yang dialami Abdi Kaisen (35), warga Dusun Tanjung Baru Desa Pelimbangan Kecamatan Cengal Kabupaten OKI.

Tak senang ditagih utang oleh adik iparnya, korban Abdi mencoba menusuk sang adik ipar menggunakan pisau. Namun, pisau yang dipegangnya berhasil direbut sang adik ipar atau tersangka Riki Prayoga (20), warga Dusun Tanjung Batu Desa Pelimbangan Kecamatan Cengal.

Riki pun langsung menyerang sang kakak ipar dengan pisau tersebut. Akibatnya Abdi mengalami luka tusuk di dada kiri. Nyawa Abdi tak bisa diselamatkan, meskipun sempat dilarikan ke Puskesmas Cengal. Kasus pembunuhan ipar itu terjadi Minggu (19/04/2020), sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy, melalui Kasubag Humas AKP Iriansyah mengatakan, kejadian bermula saat tersangka dan korban ketemu pada waktu sedang mencari sinyal telepon, karena memang sinyal handphone agak sulit.

Tersangka yang merupakan adik ipar korban menanyakan utangnya kepada korban Rp300.000 sudah ada apa belum. Sebab, uang itu akan dikirim tersangka kepada ibu kandungnya untuk membeli beras serta mau membayar upah menggiling padi. Namun korban menjawab nanti dulu.

Selang beberapa saat kemudian, korban yang diduga merasa tersinggung lantaran ditagih utang mendekati tersangka yang saat itu sedang duduk di ayunan sambil nelepon. Tiba-tiba korban menendang tersangka hingga jatuh dari ayunan.

‘’Korban kembali menendang tersangka sebanyak 3 kali. Tersangka juga sempat mendorong korban,” kata Iriansyah, Minggu (19/04/2020).

Merasa tersangka melawan, korban mencabut pisau dan menyerang. Tersangka luka robek di jari kelingking kanan, namun berhasil merebut pisau korban. Korban yang kehilangan pisau, malah menyerang dengan kayu.

“Ketika tersangka berdiri, korban mendekati hendak menyerang. Namun tersangka menusukkan pisau milik korban yang berhasil direbutnya ke dada korban,” urainya.

Korban yang terluka dilarikan warga ke Puskesmas Cengal, namun nyawanya tak tertolong lagi. ‘’Korban merupakan suami ayuk tersangka. Tersangka sudah diamankan di Mapolsek Cengal,” tambahnya. (nur)