Pendarahan di Lambung, Eks Bassis Dewa 19 Wafat

JAKARTA, PALPOS.ID – Mantan bassis Dewa 19, Erwin Prasetya, meninggal dunia pada Sabtu (2/5) pagi. Sebelum menghembuskan napas terkakhirnya, Erwin sempat mengalami pendarahan di bagian lambung. Jenazah Erwin sudah dimakamkan di TPU Keputih, Surabaya, pada Sabtu (2/5) sore kemarin.

Sang istri, Miranda membenarkan hal itu. “Iya benar jam 5 pagi di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat. Penyebabnya pendarahan di lambung. Beliau kritis pas azan subuh,” kata Miranda.

Pengamat musik, Bens Leo yang pernah bekerja sama dengan Erwin Prasetya dalam sejumlah proyek musik mengatakan mantan bassis Dewa 19 itu sudah lama memiliki masalah pada lambungnya. “Dia pendarahan di lambung dan sempat turun kesadaran. Karena dia kerjanya terbalik. Ini mungkin keluhannya sudah lama. Tetapi karena sibuk, jadi dia nggak rasain,” kata Bens Leo, Sabtu (2/5).

Sosok Erwin Prasetya, menurut Bens Leo, adalah orang yang berdedikasi tinggi terhadap dunia musik. Meski saat ini sudah tidak aktif bermain band. “Dia sering mencipta lagu, aransemen lagu. Di awal 2000-an saya sempat bekerja dengan dia . Tapi belakangan Erwin banyak mengerjakan jingle iklan,” imbuhnya.

Erwin Prasetya diketahui dalam pembentukan band Dewa 19 pada tahun 1986 di Surabaya. Dia menjadi bagian dari band tersebut hingga 1 Juli 2002. Posisinya digantikan oleh Yuke Sampurna, mantan bassis The Groove.

Pentolan grup musik Dewa 19, Ahmad Dhani juga menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Erwin Prasetya. Lewat unggahan foto lawas Dewa 19, Dhani menyebut Erwin Prasetya merupakan salah satu personel yang taat dalam menjalankan ibadah salat. Pada akhir keterangan foto yang ditulis, Ahmad Dhani berharap agar Erwin Prasetya bisa diterima disisi Yang Maha Kuasa.

“Di antara kami, Erwin yang paling Rajin Sholat 5 waktu nya. Innalillahi wa Inna illaihi rojiun. InsyaaAllah husnul khotimah, meninggal di bulan Ramadhan adalah cita cita kita semua,” tulis Ahmad Dhani.

Kabar meninggalnya Erwin Prasetya disampaikan oleh Ari Lasso melalui laman Instagram pribadinya. Dalam unggahan itu, Ari membagikan foto lawas dari Dewa 19 disertai ucapan duka cita. “Berita duka. Erwin Prasetya, basis pertama @de19wa meninggal dunia. Kiranya Almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya. Dan keluarga diberi kekuatan. Amin RIP Win,” tulis Ari Lasso.(rh/fin)