Ratusan Ton Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19 Tiba di Kabupaten OKI

Ratusan ton paket sembako tiba di GOR Perahu Kajang Kayuagung OKI, Kamis (07/05/2020). Foto: dinas kominfo OKI

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Sebagai bentuk jaringan pengaman sosial (JPS) covid-19 di Kabupaten OKI, ratusan ton paket sembako Bantuan Sosial (Bansos) tiba di Gedung Olahraga (GOR) Perahu Kajang Kayuagung, Kamis (07/05/2020).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, H Reswandi memastikan paket sembako ini segera dikirim ke warga terdampak Covid-19 di 18 Kecamatan se-Kabupaten OKI. “Bantuan segera kita kirimkan secara bertahap,” ungkap Reswandi. Dia mengatakan terus melakukan, pembaharuan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos dari Pemkab OKI ini.

“Sementara pengiriman barang, kita terus lakukan update data penerima.  Terakhir untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Kabupaten 72.226 KPM,” ujar Reswandi.

Pemkab OKI menurut dia mengambil langkah serius supaya berbagai jenis bantuan yang diberikan pemerintah dapat tepat sasaran. “Proses administrasi bantuan Covid-19 terus kita kebut, ada proses review, sinkroniasi data dan sebagainya,” ujar dia.

Pemkab OKI tambahnya sangat hati-hati dalam melakukan pendataan penerima bantuan ini. Data penerima harus akurat dan dilakukan secara teliti untuk menghindari terjadinya penumpukan data atau satu orang menerima lebih dari satu bantuan.

“Aturannya jelas. Harus beda penerima, maka proses pendataan kami tidak bisa dilakukan secepat mungkin karena antara jenis bantuan yang ada harus terpisah. Namun demikian dalam kondisi Pandemi ini masyarakat sudah menanti uluran tangan pemerintah. Data memang harus benar-benar akurat dan valid, namun masyarakat sangat menantikan bantuan,” tutupnya. (nur)