1,5 Jam Usai Beraksi, Begal di Jalinteng Dibekuk

Tersangka Indrawan dan anggota Polsek Muara Lakitan, Senin (18/05).

MURA, PALPOS.ID – Satu dari tiga pelaku  begal di lalan lintas tengah (Jalinteng) Sekayu-Lubuklinggau, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura) dibekuk polisi, Senin (18/05), sekitar pukul 19.30 WIB.

Tersangka dimaksud bernama Indrawan alias Budi (31), warga RT 02 Kelurahan Muara Lakitan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Mura. Sedangkan dua rekannya  Alan (32) dan Hen Selawe (38), warga yang sama berhasil lolos dari sergapan polisi.

Budi disergap di pinggir jalan Muara Lakitan tanpa perlawanan sekitar pukul 21.00 WIB, atau hanya 1,5 jam pasca aksi begal yang dilakukannya.

Kapolsek Muara Lakitan, Iptu M Romi, menjelaskan kronologis kejadian berawal ketika korban Ariston Sihombing (21), warga Blok E Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Mura melintas dengan mengendaraai sepeda motor di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Lalu korban dicegat dan dihadang oleh tiga orang pelaku yang belakangan diketahui tiga serangkai Indrawan alias Budi (31) Alan (32) dan Hen Selawe (38), warga yang sama.

Saat menjalankan aksinya, ketiga tersangka yang bersenjatakan kayu dan parang menghadang laju kendaraan korban. Lalu mengancam akan membacok korban jika tidak mau menyerahkan sepeda motor miliknya.

Di bawah ancaman korban tak dapat berbuat banyak dan hanya bisa melihat pelaku merampas motor yang dikendaraainya. Selanjutnya para pelaku meninggalkan korban sendiri di TKP.

Korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Muara Lakitan. Setelah menerima laporan korban anggota langsung mendatangi TKP untuk melakukan penyelidikan.

Tidak membutuhkan waktu lama, polisi berhasil memperoleh informasi tentang ketiga tersangka yang diduga pelaku pembegalan yang dialami korban. Kemudian polisi mendapatkan informasi keberadaan salah satu tersangka.

Tanpa membuang waktu polisi menuju lokasi keberadaan tersangka dan menyergap tersangka yang saat itu sedang berada di pinggir jalan Keluraham Muara Lakitan.

Saat disergap tersangka tidak melakukan perlawanan sehingga polisi tidak banyak mengalami kesulitan menggelandang tersangka ke Mapolsek Muara Lakitan.

Saat diintrogasi tersangka juga mengakui keterlibatannya dalam aksi begal yang dilakukan terhadap korban.

“Tersangka dan Barang Bukti (BB) berupa sepotong kayu dengan panjang 1,5 meter, dan baju kaos warna hijau bertuliskan Ferari yang dipakai tersangka saat beraksi sudah diamankan,” kata kapolsek.

Dua tersangka lain, lanjutnya, sedang dalam pengejaran. Sementara tersangka Budi sedang menjalani pemeriksaan untuk proses lebih lanjut.

“Dua tersangka lain sedang dalam pengejaran, sedangkan  tersangka Budi sedang diproses,” pungkasnya. (mar)