Objek Wisata Danau Ranau Terimbas Pandemi Covid-19

Objek wisata Danau Ranau yang sepi pengunjung di hari Idul Fitri 1441 H, Sabtu (24/05).

BANDING AGUNG, PALPOS.ID – Masa pandemi Covid-19 berimbas terhadap sepinya pengunjung di sejumlah objek wisata di Sumsel, salah satunya Danau Ranau di Desa Surabaya Timur, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan.

Pantauan PALPOS.ID, pada hari raya Idul Fitri 1441 H, Senin (25/05), objek wisata Danau Ranau yang menjadi icon Kabupaten OKU Selatan, sepi pengunjung.  Berbeda seperti lebaran sebelumnya saat Sumsel belum terdampak virus Corona.

Ribuan warga baik pribumi maupun pendatang, memadati kawasan objel wisata Pusri, water boom pantai pelangi hingga pesisir Danau Ranau. Namun kini sepi dan hanya ada beberapa muda mudi setempat yang asik berswafoto.

Wardi (36), pedagang cilok keliling mengaku, sudah sejak pagi dia keliling Danau Ranau, namun hanya ada beberapa kendaraan yang singgah hanya untuk berfoto.

“Mulai dari Pusri, water boom pantai pelangi sampai pesisir danau ranau, sepi dan tidak ada pembeli,” katanya, ditemui di pesisir danau ranau, Senin (25/5).

Menurutnya, kondisi ini terjadi lantaran adanya pandemi Covid-19, sehingga banyak warga yang takut datang ke danau ranau.

“Gara-gara Corona jadi sepi, pedagang juga hanya ada bebera terlihat, biasanya ribuan orang memadati sepanjang jalan pesisir danau ranau hingga membuat macet,” keluhnya.

Senada dikatakan Doni (17), pemuda asal Desa Teluk Agung, Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten OKU Selatan, dia biasanya datang ke danau ranau bersama puluhan temannya.

“Tapi sekarang mereka tidak ada yang pulang karena Corona, jadi saya hanya bersama adik main ke Danau Ranau,” ujarnya.

Sementara, Kanit Dityasa Polres OKU Selatan, Bripka Ismail mengatakan, sejak lebaran pertama objek wisata danau ranau memang sepi dari pengunjung dari luar Kecamatan Banding Agung.

“Sepi karena Covid-19, karena pendatang banyak tidak pulang. Kalau normal pasti ramai dan macet, kami berlakukan one way,” jelasnya ditemui di pintu masuk onjek wisata danau ranau.

Dikatakannya, ada empat titik pintu masuk yang dijaga oleh beberapa personil kepolisian.
“Sejauh ini kondisi di objek wisata danau ranau aman dan terkendali, tidak ada lonjakan pengunjung. Mudah-mudahan hingga lebaran berakhir, pengunjung tetap sepi,” pungkasnya. (*)