Pedagang Suspect Covid-19, Pasar Kebon Semai Sekip Ditutup

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda saat meninjau Pasar Kebon Semai beberapa waktu lalu.

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya mengambil langkah cepat menyusul adanya pedagang di Pasar Kebon Semai Sekip Palembang yang meninggal dunia karena diduga terpapar Covid-19.

Pasar tradisional tersebut dipastikan akan ditutup sementara karena akan disterilisasi untuk mencegah penularan Virus Corona tersebut.

“Kita akan ikuti sesuai anjuran Jubir Penanganan kasus Covid 19, Pasar Kebon Semai akan ditutup sementara,” tegas Dirut PD Pasar Palembang Jaya Abdul Rizal SPd MM.

Dikatakan Rizal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Palembang, untuk melakukan sterilisasi pasar.

“Biasanya pasar tradisional kembali beroperasi H+3 lebaran, dengan adanya kejadian pasar tutup akan lebih lama sebelum dinyatakan steril oleh Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pedagang di pasar tersebut diharuskan untuk menjalani Rapid test.

“Lebih kurang ada 150 pedagang di Pasar Kebon Semai itu, mereka akan menjalani Rapid test secara bertahap,” ungkapnya.

Dengan adanya peristiwa ini, kata Rizal pihak pasar akan lebih memperketat pengawasan kepada pedagang dan pembeli untuk seluruh pasar tradisional yang ada.

“Kita tetap mengikuti protokol kesehatan dan instruksi Walikota, dan SK Dirut PD Pasar, pedagang atau pembeli yang tidak mengikuti protokol kesehatan kita suruh pulang dari pasar,” tegasnya.(ika)