Satgas Kawal Pembagian BLT di Banyuasin

Satgas mengawal ketat proses pembagian BLT yang berlangsung di Desa Sidang Emas Kecamatan Banyuasin III. foto : malyadi arba/palpos.id

Hadianto : Kita Pastikan Tepat Sasaran

PANGKALAN BALAI, PALPOS.ID – Pandemi Corona Virus Diseasea 2019 (Covid-19) atau yang populer dengan istilah virus Corona, membuat masyarakat desa resah sebab berdampak siginifikan terhadap pendapatan keluarga.

Termasuk bagi warga desa seperti di Sidang Emas Kecamatan Banyuasin III, dikarenakan mayoritas mengandalkan pemenuhan kebutuhan hidup dari hasil bertani karet. Beruntungnya Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelontorkan dana bantuan sosial, berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa untuk membantu masyarakat mencukupi kebutuhan selama masa krisis Covid-19 selama tiga bulan ke depan.

Bantuan itu telah diserahkan oleh Camat Banyuasin III Dra Yuni Khairani MSi didampingi Sekcam Santo SSos MSi dan Pj Kepala Desa Sidang Emas Hadianto SSos MSi. Di antara bantuan yang telah dibagikan berupa BLT Dana Desa untuk 64 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kemudian BLT Kementerian Sosial (Kemensos) untuk 124 KPM. Bantuan Sembako Pangan (BSP) diperuntukan bagi 80 KPM, sedangkan Program Keluarga Harapan (PKH) 30 KPM.

“Pemerintah Desa Sidang Emas bersama BPD beserta Satgas kabupaten dan Satgas desa, dihadiri Camat Banyuasin III dan Sekcam telah menyalurkan BLT kepada semua KPM. Proses penyaluran berjalan kondusif, sesuai harapan dan kita pastikan tepat sasaran,” ungkap Hadianto SSos MSi, Pj Kepala Desa Sidang Emas, Selasa (26/5) kemarin.

Hadi menegaskan jika pemerintah desa sebelum membagikan BLT, telah melakukan pendataan dan pelaksanaan dilakukan Ketua RT. Dia optimis data yang dihasilkan sesuai kriteria warga miskin, mereka yang berhak mendapatkan bantuan sosial.

“Kami sangat berharap bantuan ini, dapat bermanfaat bagi warga penerima. Kami juga meminta maaf apabila masih ada warga tidak terdata, mereka akan kami ajukan kembali agar mendapatkan bantuan pangan dari Bupati Banyuasin,” tegas dia.

Terkait bantuan sembako pangan perluasan, nantinya akan diterima oleh 31 KPM. Sementara untuk PKH perluasan, terdapat calon penerima31 KPM.

“Khusus PKH perluasan dan BSP perluasan, belum dilakukan pendistribusian. Bantuan tersebut wewenangnya dari Kemensos, kami pun berharap kedua bantuan segera dapat dicairkan,” sambung dia.

Sementara itu, Camat Banyuasin III Dra Yuni Khairani MSi membenarkan, proses penyaluran BLT di Desa Sidang Mas tepat sasaran dan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

“Dilakukan secara transparan dan kami ikut membagikan langsung, dikawal Satgas dari KNPI, Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” pungkas dia. (*)