Dewan Sebut Sumsel Belum Saatnya New Normal

Syaiful Fadli, anggota Fraksi PKS DPRD Sumsel. foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kebijakan pemerintah pusat untuk menerapkan New Normal sebaiknya dipertimbangkan lagi dengan matang. Karena Sumsel khususnya Kota Palembang masih belum memenuhi syarat New Normal yang ditetapkan Menkes, salah satunya kurva penambahan covid di Sumsel belum melandai.

Demikian dikatakan anggota Fraksi PKS DPRD Sumsel, Mgs. H. Syaiful Fadli, Kamis (28/05/2020). Menurutnya New Normal itu artinya sudah mendekati normal dan berdasarkan Permenkes ada sejumlah syarat yabg harus dipenuhi sebelum diterapkannya New Normal.

“Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah bila kurva penyebaran covid mulai melandai. Sedangkan di Sumsel curvanya masih belum stabil,” katanya.

Lebih jauh Syaiful juga menyebut kalau negara lain yang mulai menerapkan New Normal karena mereka memang telah melakukan lock down dalam waktu cukup lama, atai telah melakukan swep kepada separoh warganya. “Sementara kita tidak pernah melakukan lock down. Bahkan PSBB pun dilakukan dengan setengah hati, sehingga penyebaran corona dinegeri ini masih tinggi,” ujarnya.

Karena ini menyangkut nyawa ribuan bahkan jutaan nyawa masyarakat, maka Syaiful sangat berharap agar pemerintah khususnya Sumsel untuk mempertimbagkan lagi kebijakan new normal yang disampaikan pemerintah pusat, sampai kita benar benar telah siap. (*)