Hari Lingkungan Hidup, Enos Ajak Masyarakat Jaga Serta Cintai Lingkungan

OKU TIMUR, PALPOS.ID – Bakal calon Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H. Lanosin, ST mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga dan mencintai lingkungan hidup.

Hal tersebut diungkapkan pria yang akrab disapa Enos pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni 2020.

“Selamat hari lingkungan hidup sedunia, mari kita jadikan momentum ini untuk menggerakkan semangat kita akan pentingnya menjaga dan mencintai lingkungan,” kata Enos, saat dimintai keterangan media secara tertulis, Jumat (05/06).

Ia pun menjelaskan pentingnya menjaga, melestarikan dan mengelola lingkungan hidup untuk kehidupan manusia. Sebab menurut Enos, kehidupan manusia tidak bisa lepas dari alam atau lingkungan hidup.

“Yang kita konsumsi sehari-hari semua dari alam. Kalau alam rusak kita tidak bisa konsumsi lagi. Maka diisinilah pentingnya menjaga dan melestarikan alam,” ungkap Enos.

Lebih lanjut, adik kandung Gubernur Sumsel Herman Deru ini mengatakan, bahwa harus ada keseimbangan antara pemanfaatan lingkungan dengan pemeliharaanya. Cara pandang tersebut harus benar-benar ditanamkan kepada masyarakat agar bisa terus menjaga alam.

“Jangan cuma memanfaatkan saja, tapi kita wajib untuk memelihara dan melestarikannya. Karena semua itu sangat erat kaitannya juga dengan sektor ekonomi. Jika lingkungan rusak bisa berdampak kepada masyarakat kita,” tegasnya.

Enos mengajak generasi muda atau generasi milenial di OKU Timur untuk menjadi penggerak di garda depan dalam rangka menjaga lingkungan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan.

“Banyak hal yang bisa dilakukan generasi muda bersama masyarakat seperti bersama-sama menanam pohon, mengurangi sampah plastik, memilah sampah dari sumbernya dan kemudian bisa diolah kembali secara kelompok,” katanya.

Ia menambahkan, untuk memelihara dan melestarikan lingkungan tentu harus dilakukan mulai sejak usia dini. Masyarakat pun diajak untuk memberikan edukasi anak-anak di rumah akan pentingnnya lingkungan.

“Berikan edukasi kepada anak-anak kita mulai dari hal paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga pepohonan di sekeliling kita. Ini sangat penting agar anak-anak kita tumbuh besar menjadi generasi yang peduli lingkungan,” pungkasnya. (rel)