Tol Muara Enim- Indralaya Masuk Tahap Pembebasan Lahan

Percepatan Pembangunan Jalan Tol Inderalaya-Muara Enim yang digelar Pemkab setempat, Kamis (04/06/2020). Foto ozi/fin

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Pembangunan jalan tol Indralaya-Muara Enim terus dikebut. Progres terbaru, penetapan lokasi jalan tol Indralaya-Muara Enim seksi 3 diwilayah Kabupaten Muara Enim sudah dilakukan dan pembebasan lahan segera disiapkan.

Perkembanganan pembangunan proyek tersebut terungkap dalam Rapat Percepatan Pembangunan Jalan Tol Indralaya – Muara Enim yang digelar Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Kamis (04/06/2020).

Dalam rapat dipimpin Plt Bupati Muara Enim H Juarsah, dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Kab. Muara Enim, Drs H M Teguh Jaya MM, Kadin Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Muara Enim Ir A Yani Heriyanto MM, Koordinator Lapangan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Jalan Tol tahap 3, Dedi Faureza Kartubi dan Koordinator Lapangan PT Hutama Karya Hilmi.

Dalam kesempatan itu, Dedi  menjelaskan pembebasan tanah segera dilakukan setelah adanya penetapan lokasi. Hal ini turut didukung oleh masyarakat pemilik lahan, bangunan, kebun dan lain-lain yang terkena trase rencana Pembangunan Jalan Tol Simpang Inderalaya-Muara Enim Tahap 3 telah menyetujui dan mendukung sepenuhnya rencana pembangunan proyek tol.  “Kami berharap tidak akan menemukan kendala berarti dalam pembebasan lahan ini,” papar Dedi.

Adapun proyek tol Indralaya-Muara Enim tahap 3 memerlukan lahan sepanjang  46,70 KM dan seluas. 503,4029 Ha. Dengan disetujui lahan tersebut, maka Tugas Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pemkab Muara Enim akan berakhir apabila telah dikeluarkan SK Penetapan Lokasi Pembangunan serta tidak ada sanggahan/keberatan waktu pengumuman penetapan lokasi.

“Selanjutnya SK Penetapan Lokasi akan diserahkan secara resmi kepada Instansi yang memerlukan tanah guna diteruskan kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Sumsel untuk proses Pelaksanaan Pengadaan Tanah,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, mengharapkan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pemkab Muara Enim agar dapat bekerja secara maksimal mendukung percepatan pembangunan jalan tol Simpang Indralaya – Muara Enim Tahap 3. “Setelah pembebasan lahan selesai, konstruksi akan segera kita mulai. Sehingga harapannya, pembangunan tol Muara Enim bisa selesai sesuai target,” ungkapnya. (ozi/fin)