Buronan Kasus Pencurian Pura-pura Linglung

Tersangka diamankan di Mapolrestabes Palembang, Senin (8/6)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Sempat masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sekitar lima bulan, Agus (40), warga Jalan KH Wahid Hasyim, Lorong Harmonis, Kecamatan .Seberang Ulu I Palembang, akhirnya diringkus Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang.

Tersangka Agus ditangkap lantaran mencuri uang dan rokok senilai Rp2,5 juta di warung milik korban Burhanudin (50), di Jalan Gersik, Lorong Singkil, Kecamatan Ilir Timur II Palembang, pada 30 Januari 2020, sekitar pukul 15.30 WIB.

“Tersangka Agus kita amankan di rumahnya, Minggu (7/6) sore. Awalnya tersangka pura-pura linglung dan tidak tau maksud kedatangan kita, tapi setelah dijelaskan tentang pencurian yang dilakukannya, dia baru sadar dan langsung kita amankan ke Mapolrestabes Palembang,” jelas Kasatreskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono melalui Kasubnit Pidum, Ipda Andrean, Senin (6/8).

Andrean mengatakan, tersangka Agus melakukan pencurian bersama seorang temannya berinisial SA yang masih buron.

“Modusnya kedua pelaku berpura-pura belanja di toko milik korban, lantaran tidak ada yang jaga warung, pelaku langsung mengambil uang tunai dan rokok dengan total kerugian Rp2,5 juta,” jelasnya.

Korban yang mengetahui warungnya telah dicuri, langsung melapor ke Polrestabes Palembang.

“Pelaku yang kita amankan ini memang sudah lama kita cari, seorang pelaku lagi identitasnya sudah dikantongi dan masih dalam pengejaran,” tegasnya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti satu lembar celana jeans warna biru yanh dipakai saat beraksi.

“Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara di atas 5 tahun,” tegas Andrean.

Sementara pelaku Agus, mengakui perbuatannya bersama SA mencuri di warung milik korban.

“Iya, kami berdua melakukannya. Uangnya kami bagi dua dan sudah habis dipakai untuk keperluan sehari-hari, rokoknya juga habis kami hisap sendiri,” ujarnya. (*)