SMPN 12 Palembang Siap Jadi Sekolah Adiwiyata Mandiri

Kepsek SMPN 12 Palembang saat memperlihatkan lapangan upacara yang tergenang air, Senin (08/06/2020). Foto istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – SMP Negeri 12 Palembang merupakan satu-satunya sekolah di Kota Palembang yang pada tahun 2020 ini ditunjuk sebagai sekolah dari adiwiyata Nasional menuju adiwiyata mandiri.

“Adanya penyebaran covid-19 yang sangat membahayakan ini, penilaian adiwiyata mandiri yang seharusnya sudah dilaksanakan terpaksa ditunda,” ungkap Kepala SMPN 12 Palembang, Mgs Ahmad Fauzi, Senin (08/06/2020).

Karena penilaian adiwiyata mandiri ditunda sampai wabah Covid-19 tidak membahayakan lagi, kata Fauzi, pihaknya mendapat kesempatan untuk memperbaiki sarana yang perlu dibenahi yang nantinya menjadi penilaian adiwiyata.

“Sarana yang saat ini menjadi salah satu yang harus dibenahi yakni lapangan tempat upacara. Sebab kalau pada saat hujan turun selalu digenangi air, karena letaknya rendah dan tidak ada tempat untuk mengalirkan air. Ketika lapangan digenangi air, pihaknya hanya bisa melaksanakan apel di halaman depan sekolah, sebab sekelilingnya sudah dibeton,” terang Fauzi.

Satu satunya solusi, kata Fauzi, pihaknya akan memohon bantuan dari pemerintah, atau pihak lain untuk memberikan bantuan menimbun lapangan upacara. ‘’Tujuannya supaya saat hujan turun lapangan tidak tergenang air hujan lagi,” ujarnya.

“Tempat yang sudah ditimbun setinggi 50 cm inilah yang  dimanfaatkan sekolah sebagai musala terbuka, karena musala tertutup ruangnya tidak mencukupi untuk melakukan kegiatan keagamaan, diantaranya salat duha dan zikir bersama,” kata Fauzi.

Menurut Fauzi, kalau sarana ini tidak kita perbaiki, maka takutnya akan mengurangi penilaian adiwiyata mandiri. Jadi sementara penilaian adiwiyata mandiri ditunda, pihaknya berusaha untuk memperbaikinya. “Inshaa Allah halaman ini akan baik kembali apabila sudah ditimbun,” harapnya.

“Kita optimis pada saat penilaian adiwiyata mandiri nanti kita mendapatkan penilaian A unggul. Sebab masalah penghijauan dan lain sebagainya sudah siap dan telah terpenuhi, kecuali lapangan yang akan kita usahakan untuk membenahinya,” pungkasnya. (*)