Delapan Fraksi Setujui Bentuk Pansus 16 Raperda

Sidang Paripurna DPRD OKI yang digelar secara Virtual, Kamis (11/06/2020). Foto: istimewa

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Setelah secara bergiliran menyampaikan tanggapannya terhadap 11 Rencana Peraturan Daerah (raperda) yang diajukan Pemkab OKI dan 5 Raperda Inisiatif DPRD OKI, sebanyak 8 Fraksi di DPRD OKI akhirnya menyetujui untuk dibentuk Panitia Khusus (pansus) untuk membahas raperda tersebut secara lebih dalam.

Sebelumnya, Dalam rapat paripurna yang dilaksanakan dalam dua sesi tersebut diawali dengan tanggapan Bupati OKI terhadap 5  raperda inisiatif DPRD OKI, dalam tanggapannya terhadap Raperda pembetukan Kecamatan Lempuing Santun, Lempuing Berkah dan Mesuji Jaya, Raperda tanggungjawab Persuhaan terhadap lingkungan dan Sosial (CSR), raperda penyelenggaraan tempat hiburan, raperda batas sepadan wilayah perusahaan dan raperda kemakmuran tempat ibadah, Bupati OKI menyatakan setuju dan mendukung.

“Secara resmi raperda tersebut telah dibahas secara internal dan ada sejumlah pokok pikiran, untuk CSR Perusahaan, rangka meningkatkan kesejahteraan warga disekitar areal konsesi perusahaan, memang sudah ada programnya, namun memang belum maksimal dan ini menjdi tugas bersama,” kata Iskandar, Kamis (11/06/2020).

“Semangat Otonomi daerah tidak lain adanya untuk mempercepat pembangunan didaerah, pemekaran wilayah kecamatan menjadi suatu keniscayaan untuk mempersingkat rentang kendali pelayanan, namun tentu haruslah mempedomani ketentuan yang ada,” tukasnya.

Usai Bupati Iskandar menyampaikan tanggapannya,  kemudian sidang paripurna ditutup dan dibuka kembali dengan agenda tanggapan fraksi terhadap 11 raperda usulan eksekutif.

Secara bergiliran masing-masing fraksi diantaranya, Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara Febriansyah Wardana, Fraksi PAN dengan juru bicara Topan Rekayasa Putra, Fraksi Golkar (Golkar & PBB) dengan Juru bicara Sugeng, Fraksi Gerindra Trisusanto, Fraksi PKB Sodri, Fraksi Nasdem M Reki SH MM, Fraksi Hanura Dodi Pramdona Mulia, dan Fraksi Demokrat (Demokrat & PKS) dengan juru bicara Sandra Atika menyatakan setuju dibentuk pansus.

Usai mendengarkan tanggapan dari Bupati OKI maupun sejumlah juru bicara fraksi di DPRD OKI, selanjutnya sidang paripurna ditutup dan akan dilanjutkan kembali, Senin (15/06/2020) pukul 10.00 WIB, dengan agenda tanggapan fraksi terhadap jawaban bupati. (nur)