Jambret Meresahkan Masyarakat Diamuk Massa

Jeriansyah diamankan di Mapolsek Sukarami Palembang, Jumat (12/06)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Seorang pelaku spesialis jambret meresahkan masyarakat kena batunya. Saat beraksi berhasil ditangkap massa. Tak pelak pelaku yang diketahui bernama Jeriansyah alias Jeri (26) menjadi bulan-bulanan massa.

Amuk massa tersebut berlangsung di Perum Griya Sinaros Kecamatan Sukarami Palembang, Jumat (12/06), sekitar pukul 14.00 WIB. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini Jeriansyah yang merupakan warga Jalan Mayor Zen, Kelurahan Sei Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang ditahan di Mapolsekta Sukarami.

Kepada polisi  Jeriansyah mengaku melakukan aksi jambret diajak oleh temannya bernama Ardi. Mereka mencari sasaran ke arah Talang Jambe dengan mengendarai motor matik warna hitam.

Saat melihat korban seorang anak SD sedang asik memainkan ponsel Samsung J5, pelaku langsung menyambarnya. Saat akan kabur tancap gas, pelaku jatuh dari motor karena ditarik oleh korban.

Lalu pelaku akan naik motor lagi, dan jatuh lagi karena ditarik korban baju yang dikenakannya. Seketika itu korban teriak hingga massa ramai dan menghajar pelaku, hingga babak belur. Sedangkan Ardi berhasil kabur.

Sedangkan korbannya Paras (11) siswa SDN 134 Palembang, mengatakan saat kejadian dia lagi kumpul sama teman-temannya sambil main ponsel.

“Dio (pelaku) pura-pura nanya alamat, tapi tidak nunjukan tulisan alamat. Terus merampas ponsel aku,” ujar warga Jalan Pertanian, Griya Sinaros, Kelurahan Sinaros, Kelurahan Talang Jambe, Sukarame ini.

Sulung dari tiga bersaudara ini menyebutkan, sampai bisa pelaku ketangkap karena baju pelaku ditariknya dua kali.

“Dua kali pelaku jambret itu jatuh, mau kabur lagi tapi dapat. Satu kawannya kabur, aku teriak maling warga ramai langsung nangkap,” katanya.

Pelaku Jery sendiri mengaku sudah kali ketiganya melakukan curas. “3 kali sudah jambret, dua kali di Lemabang sama Jalan Veteran semua dapat ponsel,” ungkapnya.

Jery juga mengaku sebelumnya ia pernah ditahan selama 8 bulan di Polsek Kalidoni kasus curanmor. “Itu tahun 2008 aku ditahan. Nah pas jambret ini aku bagian petik, kalau Ardi yang bawa motor,” tukasnya.

Kapolsek Sukarame Kompol Irwanto SIk didampingi Kanitreskrim Iptu Hermansyah SIP SH menegaskan telah mengamankan pelaku spesialis jambret.

“Pelaku ini penjahat kambuhan dan melakukan kejahatan curas lagi. Kita ancam dengan pasal 365 KUHP ancamanya 5 tahun,” ujarnya. (*)