Pencuri Motor di Pesantren Babak Belur Diamuk Massa

Tersangka Arahman

KAYUAGUNG, PALPOS.ID  – Aksi pelaku pencurian sepeda motor di halaman Pondok Pesantren Ma’had Ustmani Villa Kudamas Desa Muara Baru Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir berhasil dihentikan oleh warga setempat.

Meski berhasil merusak kunci kontak dengan menggunakan kunci leter T, lalu kendaraan berhasil dihidupkan dan siap dibawa kabur, namun aksinya dipergoki warga. Alhasil, pelaku babak belur diamuk massa, Rabu (10/06) malam.

Pelaku bernasib apes tersebut adalah Arahman (39),  warga Desa Buluh Cawang Kecamatan Kayuagung OKI. Beruntung, aksi anarkis yang dialami pelaku curanmor ini akhirnya redam dan pelaku dibawa Satpol PP bersama aparat kepolisian setempat ke RSUD Kayuagung untuk menjalani perawatan medis atas luka yang didera akibat terkena amukan massa tersebut.

Kapolres AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah didampingi Kapolsek Kayuagung AKP Tarmizi saat dikonfirmasi, Kamis (11/06), membenarkan adanya aksi curanmor yang terjadi di halaman asrama Pondok Pesantren Ma’had Ustmani Villa Kudamas Desa Muara Baru, dimana salah satu pelakunya tertangkap.

“Sekira pukul 20.00 WIB, 1 unit sepeda motor Honda Beat warna hitam nopol BG 4452 KAN milik korban Ari Pranata (19), warga Desa Batu Ampar Kecamatan SP Padang OKI yang terparkir di asrama ponpes tersebut, hendak dicuri pelaku Arahman bersama rekannya berinisial AR (20) asal Plaju Palembang, yang berhasil melarikan diri,” kata dia.

Setelah berhasil membuka pintu pagar lalu pelaku masuk dan berupaya mengambil sepeda motor milik korban dengan cara merusak menggunakan kunci leter T. Kata dia lagi, waktu mesin sepeda motor sudah hidup atau menyala, dan pelaku di posisi sudah duduk di atas sepeda motor tersebut, aksi pelaku diketahui oleh saksi M. Robi yang saat itu langsung mengejar dan menarik baju pelaku.

“Akibatnya, pelaku terjatuh dari sepeda motor, kemudian saksi M. Imam keluar dari asrama ikut membantu menangkap pelaku sambil berteriak minta tolong hingga warga yang ada di asrama langsung keluar dan ikut membantu menangkap pelaku Arahman. Sedangkan pelaku lainnya, AR, berhasil melarikan diri ke arah Kayuagung menggunakan sepeda motor,” ujar dia.

Selanjutnya, Kades Muara Baru Kecamatan Kayuagung OKI, Samiun, menghubungi Bripka M. Soleh selaku Bhabinkamtibmas Desa Muara Baru. Bersama Ipda. Hamzah yang saat itu selaku piket pawas Polsek Kayuagung, menghubungi Kanit Reskrim bersama anggota yang saat itu berada di RSUD Kayuagung untuk mengurusi adanya penemuan mayat.

“Pada saat itu juga, pelaku Arahman dibawa ke RSUD Kayuagung karena mengalami luka dibagian pelipis kanan atas, luka kening kiri dan kanan memar, luka dibagian bibir dalam, luka dibagian sikut kanan kiri, serta sesak nafas akibat diamuk massa,” tandas dia.

Ditambahkan dia lagi, barang bukti yang diamankan berupa 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna hitam nopol BG-4452-KAN milik korban, 1 buah kunci T, 2 buah mata kunci T, 1 pasang sandal, 1 helai baju kaos oblong lengan pendek warna biru, 1 helai celana pendek warna hijau dan 1 helai jaket warna biru lengan panjang.

“Kini tersangka beserta barang bukti tersebut telah diamankan di Mapolsek Kayuagung guna pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas dia. (*)