Kesejahteraan Veteran dan Janda Veteran Jadi Prioritas Pemkab Muba

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA mengucurkan bantuan untuk puluhan veteran dan janda veteran se-Kabupaten Muba, Selasa (23/06/2020). Foto romi/Palpos.ID

SEKAYU, PALPOS.ID – Bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Muba mengalir dan meluas. Setelah mengucurkan bantuan untuk ribuan ustadz dan ustadzah serta mahasiswa asal Muba, Selasa (23/06/2020), Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA mengucurkan bantuan untuk puluhan veteran dan janda veteran se-Kabupaten Muba.

Dodi Reza yang juga penerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang Legiun mengucurkan anggaran Rp131.400.000. Dana untuk meringankan beban 73 veteran dan janda veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Janda Veteran Kabupaten Muba.

Penyerahan Bantuan Sosial Tunai veteran ini  pertama kali di Indonesia yaitu bantuan sosial tunai terdampak Covid-19  kepada Veteran. “Terinspirasi berita nasional yang mengatakan nasib seorang veteran harus kita hargai lebih dari yang sekarang dan ini merupakan pembuktian kita sebagai generasi penerus bangsa yang tidak pernah melupakan jejak sejarah bangsa dan perjuangan,” jelasnya.

Mereka (veteran dan janda veteran,red) lanjut Dodi, merupakan orang tua yang sangat terdampak pula ditengah pandemi covid-19, sudah sepantasnya dan tugas pemerintah memuliakannya.

“Untuk itu selain Bantuan Sosial Tunai kita juga akan menambah honorium yang semula hanya Rp 300 ribu perbulannya kini menjadi 2 juta perbulan. Kita juga akan membebaskan 100 persen tagihan Listrik, PDAM dan fasilitas kesehatan seumur hidup,” ujar cucu pejuang Noerdin Pandji itu disela penyerahan bantuan sosial tunai dampak Covid-19 Kepada LVRI dan janda veteran Kabupaten Muba.

Menurut Dodi, diusia yang rentan tersebut para veteran dan janda veteran sangat membutuhkan bantuan, terlebih untuk kebutuhan hidup sehari-hari. “Jasa mereka memperjuangkan negara ini tidak ada yang bisa membalasnya,” tuturnya.

Sedangkan Ketua LVRI Muba, Mayor ART Purna H Kamaluddin merasa bersyukur dengan bantuan yang diberikan Bupati Muba Dodi Reza Alex. “Bantuan ini sangat bermanfaat, pak Bupati memang sangat peduli dan mengayomi para Veteran. Pemimpin yang benar-benar memperhatikan seluruh lapisan masyarakatnya,” ujarnya. (rom)