Terjebak Jalan Buntu, Begal Babak Belur Dihakimi Massa

Selamet diperiksa penyidik Polsekta Sukarami Palembang, Selasa (23/06)

PALEMBANG, PALPOS.ID – Seorang pelaku begal motor kena batunya. Adalah Selamet Galianto (27), warga Jalan Kolonel Deni Effendi, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Sukarame, Palembang begal dimaksud.

Selamet terjebak masuk jalan buntu, saat kabur usai merampas motor Honda Scoopy 3387 ACI milik Viola Mardianto (15).

Selamet menjalankan aksinya itu di Jalan Yusuf, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarame, Palembang, Senin (22/06), sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu korban tengah mengendarai motor sendirian. Dia tidak sadar telah dibuntuti pelaku dengan mengendarai motor Yamaha Jupiter.

Modus pelaku yakni pura-pura menanyakan alamat SMA 21 Palembang. Karena tidak curiga korban menjelaskan kepada pelaku. Melihat korbannya lengah, pelaku dengan cepat merampas motor dan membawanya kabur. Sementara motor Yamaha Jupiter butut pelaku ditinggalkan.

Dasar sial, rupaya pelaku terjebak masuk ke jalan buntu. Teriakan korban meminta tolong  didengar oleh warga yang ramai mengejar pelaku. Pelaku hanya pasrah jadi sasaran amuk massa. Tidak hanya itu massa juga membakar motor pelaku.

Tidak lama berselang, anggota polisi Polsek Sukarame mendatangi lokasi. Lantas mengamankan pelaku dan barang bukti motor yang sempat dirampas pelaku.

“Tidak ada ancaman, pas lihat korban timbul niat terus aku ambil motornya. Nah waktu bawa motor salah jalan aku, itu jalan buntu, habis aku dikeroyok warga,” ungkap Selamet.

Kapolsek Sukarame Kompol Irwanto SIk melalui Kanit Reskrim Iptu Hermansyah SIp SH telah mengamankan seorang pelaku begal motor. “Pelaku kita amankan usai merampas motor korban. Atas tindakannya itu pelaku kita jerat dengan pasal 365 KUHP ancamannya di atas 5 tahun,” cetus Kanitreskrim. (*)