Puluhan Peserta Seleksi Relawan Demokrasi

Proses seleksi wawancara relawan demokrasi yang dilakukan KPU OKU Timur, Rabu (24/06/2020). Foto: ardi/Palpos.ID

MARTAPURA, PALPOS.ID – 90 orang calon relawan demokrasi dinyatakan lulus seleksi administrasi, mengikuti seleksi wawancara, Rabu (24/06/2020), di Kantor KPU Kabupaten OKU Timur. Mayoritas peserta seleksi wawancara didominasi mahasiswa dan masyarakat umum.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya SSos I, melalui Komisioner Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Yuliansyah SE mengatakan, seleksi wawancara dilakukan selama dua hari, dari tanggal 24 hingga 25 Juni 2020. Adapun hasil seleksi wawancara ini, akan diumumkan pekan depan, yaitu tanggal 28 dan 29 Juni 2020.

“Dari 90 peserta yang mengikuti seleksi wawancara ini akan diambil 50 orang. Pengumuman peserta akan kita lakukan minggu depan atau akhir Juni. Dijadwalkan pada awal Juli seluruh relawan demokrasi sudah bergerak melakukan sosialisasi,” ujar Yuli saat dibincangi disela-sela seleksi wawancara Rabu (24/06/2020).

Ditambahkan Yuli, tujuan rekrutmen relawan demokrasi untuk Pilkada OKU Timur tahun 2020 ini, selain untuk membantu tugas KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih melalui sosialisasi di setiap kecamatan, juga mendukung pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan baik.

“Relawan demokrasi yang terpilih nanti langsung bertugas melakukan sosialisasi secara langsung ke seluruh lapisan masyarakat dengan tetap mengedepankan protokol Covid 19. Relawan demokrasi yang kita rekrut terdiri dari 10 basis diantaranya basis keagamaan, basis komunitas dan lainnya,” jelas Yuli. (ard)