Dana Covid-19 Kota Palembang Baru Terserap Rp 25 Miliar

Asisten III Setda Kota Palembang, Agus Kelana mengikuti video conference dengan KPK RI di Lawang Jabo Command Centre, Kamis (25/06/2020). Foto : dinas kominfo palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemkot Palembang tahun ini menganggarkan dana untuk penanganan pandemi Covid-19, sebesar Rp 441 miliiar. Namun, hingga saat ini dari jumlah tersebut, baru terserap Rp 25 miliar.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi video conference (Vidcon) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kamis (25/06/2020).

“Baru terserap Rp 25 miliar. Alhamdulillah sampai sejauh ini, pelaksanaan penanganan Covid tetap berjalan dengan baik. Yang terakhir juga datanya sudah semakin baik, dari PSBB tahap ke II ke PSBB transisi ini,” kata Asisten III Setda Kota Palembang, Ir Agus Kelana, usai kegiatan Vidcon bersama KPK RI di Lawang Jabo Comand Center Palembang.

Ia juga memaparkan, dana yang dianggarkan Rp 441 miliiar tersebut, akan digunakan untuk kesehatan sebanyak Rp 269 miliiar, Bansos Rp 61 miliar serta penanggulangan dampak ekonomi sebanyak Rp 150 miliar. “Jadi sejauh ini, masih cukup sedikitlah dan kita efisien,” paparnya.

Masih dijelaskannya, untuk anggaran yang telah terpakai sebanyak Rp 25 miliar, antara lain digunakan untuk  kesehatan. Anggaran tersebut juga dipergunakan untuk bantuan sembako dan kebutuhan lain dalam penanganan Covid-19.

“Kita belum tahu Covid ini sampai kapan, jadi memang anggaran tersebut kita siapkan, kalau memang kemungkinan terburuknya dan terus berlanjut, maka kita harus mempersiapkan untuk penanganan ekonominya,” pungkasnya. (*)