Webinar Nasional Kupas Tuntas Ketahanan Psikologis di Masa Covid 19

Webinar Nasional Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Jumat (26/6).

PALEMBANG, PALPOS.ID – Mahasiswa PPL kelompok 2 Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah sukses menggelar webinar nasional bertema Meningkatkan Ketahanan Psikologis di Masa Pandemi Covid-19 Memasuki New Normal. Webinar yang dibuka oleh Prof Dr Ris’an Rusli MA, Dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah ini digelar Jumat (26/6), pukul 13.00, melalui media zoom meeting.

Webinar yang berlangsung kurang lebih tiga jam ini mengupas tuntas permasalahan seputar ketahanan psikologis dalam menghadapi pandemi Covid-19 hingga memasuki era new normal. “Melalui webinar ini kita ingin berbagi informasi tentang bagaimana meningkatkan ketahanan psikologis selama masa pandemi Covid-19,” kata Dr Muhammad Uyun, dosen pembimbing lapangan PPL kelompok 2 Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah kepada palpos.id, Sabtu (27/6).

Dalam webinar tersebut, Dr Muhammad Uyun yang juga Wakil Dekan I Akademik dan Kelembagaan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah berkesempatan menjadi pemateri pertama. Ketua HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Sumatera Selatan ini menyampaikan materi tentang Ketahanan Keluarga dan Dampak Psikologis Dimasa Pandemi Global Memasuki New Normal.

Dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu Nuzsep Almigo SPsi MSi PhD, applied psychologist jabatan pengajian pendidikan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Nuzsep memberikan materi seputar Peranan Pakar Psikologi Pasca Covid-19.

Tak kalah menarik, dalam webinar juga disampaikan materi tentang Efektif Mendidik Anak di Era Digital Selama Masa Pandemi Covid-19. Materi ini disampaikan pemateri ketiga Dr Hj Fitri Sukmawati SPsi MPsi Psikolog, Wakil Dekan III  Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak.

Webinar ini juga mengupas tentang Pengembangan Diri Secara Kreatif Dalam Masa Pandemi Covid-19 serta Adaptasi dan Produktif di Masa Pandemi Covid-19. Dua materi tersebut masing-masing disampaikan Dr H Irfan Fahmi SThI MPsi Psikolog, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan AKBP M Fatkhul Birri, Psikolog Kabag Psi Ro SDM POLDA Sumsel.

Meski webinar diselenggarakan secara daring, tak mengurangi antusias ratusan peserta mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Peserta terdiri dari berbagai provinsi dan profesi.

Diantaranya mahasiswa dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UNS, UNM, UIN Lampung, IAIN Pontianak, UNPAD Bandung, Banten, Universitas Ahmad Dahlan, Ponorogo, Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Tridinanti, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan perwakilan BKKBN.

Peserta dari Universitas Madura, Universitas Jambi, Kendari, Universitas Sebelas Maret, Pontianak, Solo, Surabaya, Bekasi, Gorontalo, Bengkulu, Yogyakarta, Bali, Banjarmasin, dan Papua barat juga ikut ambil bagian dalam webinar ini. Peserta tidak hanya mahasiswa  S1, S2 dan S3 saja, tetapi juga para dosen, ASN, Psikolog Independen, Polisi, organisasi profesi HIMPSI dan tenaga pengajar.

Webinar nasional ini terbuka untuk umum, gratis dan diajukan e-sertifikat ber-SKP HIMPSI. Bertindak sebagai moderator Tri Fani Afifah didampingi host Dewisah Aryani, keduanya mahasiswa PPL kelompok 2 Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah. Hingga berita ini diturunkan, tayangan webinar ini di youtube sudah ditonton berbagai kalangan sebanyak lebih dari 295 kali. (*)