Cukup Fantastis, Silpa Tertinggi 10 Tahun Terakhir

Nizarudin, Ketua Fraksi PPP DPRD Lahat. Foto: istimewa

LAHAT, PALPOS.ID – Serapan APBD Pemkab Lahat tahun 2019, masih menyisakan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) cukup fantastis. Bahkan, silpa kali ini merupakan yang tertinggi 10 tahun terakhir, mencapai angka Rp 344 miliar.

Ketua Fraksi PPP DPRD Lahat, Nizarudin berharap, pengalihan dana silpa ini nantinya dapat digunakan sesuai porsi, masuk kategori skala prioritas bagi masyarakat Kabupaten Lahat. “Harus benar-benar cermat. Bagusnya dialihkan ke skala prioritas, seperti pembangunan jalan-jalan yang selama ini dikeluhkan warga, juga untuk bantuan bencana alam,” kata Nizarudin, di ruang Komisi I DPRD Lahat, Senin (29/06/2020).

Pria yang menduduki kursi Ketua Komisi I DPRD Lahat bidang pemerintahan ini juga menuturkan, banyaknya jumlah silpa ini karena dana yang ditransfer ke Pemkab Lahat telat sampai. Dana ini nantinya akan dimasukkan lagi ke APBD Perubahan, dan APBD tahun 2020.

“Selama ini nelum pernah bisa silpa seperti ini. Bisa juga karena transfer terlambat di penghujung tahun. Namun pihaknya meminta OPD Pemkab Lahat bisa melakukan perencanaan lebih matang, sehingga tidak lagi menyisahkan silpa cukup tinggi,” pesannya. (ari)