Budidaya Ikan Lele, Warga Berdayakan Lahan Kosong

Sekda Kota Palembang, Drs Ratu Dewa Msi meninjau lahan kosong yang diberdayakan oleh warga untuk bercocok tanam dan budidaya ikan. Foto : rika/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Warga Kampung Tangkal Covid 19, yang berada di Jalan Margoyoso, Kelurahan Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang memanfaatkan lahan kosong selama masa pandemi ini. Selain bercocok tanam, di lahan ini juga ada budidaya ikan lele.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa menyempatkan Selasa (30/06/2020) meninjau produk kampung tangkal Covid 19 ini. Mulai dari pemanfaatan lahan untuk dijadikan ladang tanaman mulai dari buah dan sayuran juga langsung melihat pembudiyaan ikan lele yang memanfaatkan saluran air dikawasan itu.

“Kegiatan ini mohon untuk menjadi perhatian  camat untuk ditingkatkan, jangan setelah diterapkan hilang begitu saja harus dipertahankan,” tegas Ratu Dewa.

Menurut Dewa, semua warga juga dapat menerapkan Kampung Tangkal Covid 19 bisa diterapkan di masing-masing perkarangan rumahnya. “Memanfaatkan lahan kosong maka akan membawa manfaat sendiri bagi waga,” katanya.

Dewa yang langsung melihat Kampung Tangkal Covid 19 ini, sangat mengapresiasi program yang telah digencarkan setiap kabupaten dan kota yang dilakukan secara meluas di Indonesia.

Saya sangat mengapresiasi semua  apa yang dilakukan oleh warga setempat dan camat dalam memberdayakan lahan yang ada dilingkungan tersebut. Maka dari itu dalam kondisi tersebut alangkah baiknya tetap kita tegakan aturan protokol kesehanan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Camat Kalidoni Rahma menjelaskan, kegiatan dan program yang telah dilakukan didasari kerja sama warga. “Semangat gotong-royong warga serta aparat kepolisian Kalidoni secara bersama melakukan kegiatan pemanfaatan lahan yang ada dilingkungan warga setempat,” tegasnya. (sef)