Baku Tembak dengan Polisi, Perampok Tewas

Jasad pelaku di Puskesmas Buay Madang Kabupaten OKU Timur, Rabu (1/7)

MARTAPURA, PALPOS.ID – Aksi baku tembak tak terelakkan dalam sebuah menyergapan seorang perampok kakap oleh jajaran Polres OKU Timur. Penyergapan sendiri berlangsung di Jalan Tanggul Desa Tebat Jaya Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur, Rabu (1/7).

Tembakan pelaku sempat mengenai paha satu anggota polisi yang melakukan penyergapan. Baku tembak baru terhenti setelah pelaku roboh kena tembakan polisi. Pelaku diketahui bernama Juni Mardianto, warga BK 8 Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur.

Senpira milik pelaku

“Iya, benar pelaku diketahui namanya Juni Mardianto. Ini kita baru dapat datanya,” kata Kasatreskrim Polres OKU Timur, AKP M Ikang Ade Putra.

Dijelaskan, anggota Polsek Buay Madang yang juga tertembak pada bagian paha kirinya bernama Brigpol Marselly Wiyono.

Dilanjutkan Kasat, penyergapan yang diwarnai aksi baku tembak ini berawal dari informasi yang diperoleh Kanitrskrim Polsek Buay Madang, bahwa akan ada aksi perampokan di wilayah Kecamatan Buay Madang.

Kemudian Kanireskrim bersama dua anggota Polsek Buay Madang pun langsung menindaklanjuti informasi tersebut dan segera melakukan pengintaian di lokasi yang dimaksud.

Selanjutnya, sekira pukul 07.00 WIB, anggota melakukan penyergapan, namun pelaku yang juga memegang senjata api mencoba melakukan perlawanan terhadap anggota polisi. Saat itulah pelaku melakukan penembakan kearah paha kiri Brigpol Marselly Wiyono dan berusaha melarikan diri.

”Kaerna sudah dilakukan peringatan, namun pelaku tetap melakukan perlawanan dengan melakukan penembakan ke arah anggota, petugas pun terpaksa melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak pelaku,” ungkapnya.

Pelaku meninggal dunia saat dalam perjalanan ke rumah sakit. Sedangkan Brigpol Marsely yang mengalami luka tembak dibawa kerumah sakit untuk dilakukan tindakan medis.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti yang digunakan berupa dua pucuk senjata api rakitan, dua butir amunisi aktif serta lima selongsong peluru. (*)