FKM Unsri Dorong Mahasiswa Tetap Aktif Menulis Skripsi Di Era Pandemi Covid-19

Webinar Series FKM Unsri dengan tema Sukses Dalam Penulisan Skripsi. Webinar berlangsung tiga hari, 29-30 Juni 2020 dan 1 Juli 2020.

PALEMBANG, PALPOS.ID – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri) berupaya mendorong mahasiswa untuk tetap aktif menulis skripsi. Untuk itu FKM Unsri menyelenggarakan Webinar Series bertema Sukses Dalam Penulisan Skripsi.

Webinar Series digelar selama tiga hari, 29-30 Juni 2020 dan 1 Juli 2020. Setiap seri kegiatan berlangsung sekitar tiga jam. Kegiatan dilakukan melalui zoom meeting dan streaming Youtube juga Facebook resmi FKM Unsri.

“Webinar ini diharapkan dapat menjadi media bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi tentang berbagai faktor pendukung dalam keberhasilan penyelesaian skripsi. Melalui webinar ini FKM Unsri ingin mendorong mahasiswa agar tetap aktif berproses skripsi di tengah pandemi,” kata Dr Misnaniarti SKM MKM, Dekan FKM Unsri disela webinar.

Adapun berbagai faktor pendukung tersebut diantaranya penggunaan data sekunder, penelitian dengan pendekatan systematic review dan pembuatan formulir kuesioner secara online untuk alternatif pengumpul data di era pandemi covid-19.

Faktor penting seperti penelusuran literatur dan penggunaan reference manager,  strategi komunikasi dengan dosen pembimbing,  motivasi diri,  manajemen waktu skripsi dan teknik presentasi ujian skripsi juga menjadi faktor pendukung yang harus dikuasai mahasiswa.

Webinar dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 570 orang tersebut, menghadirkan pemateri para dosen FKM Unsri. Hari pertama webinar dipandu moderator Dwi Septiawati SKM MKM dengan pemateri Dr Haerawati Idris SKM MKes Ketua Pengelola Jurnal FKM Unsri dan Dr rer med Hamzah Hasyim  SKM MKM Koordinator Bidang Penelitian LPPM Unsri.

Kedua pemateri ini menyampaikan materinya dengan topik Menelusuri Sumber Pustaka dan Mengutip Sumber Pustaka Secara Otomatis Menggunakan Reference Manager serta Aplikasi Metode Systematic Review Dalam Skripsi.

Hari kedua diisi oleh pemateri Yeni SKM MKM dan Najmah SKM MPH PhD. Kedua dosen FKM Unsri ini mengangkat materi tentang Penggunaan Data Sekunder Dalam Skripsi dan Komunikasi Efektif Dengan Dosen Pembimbing Skripsi. Bertindak sebagai moderator pada hari kedua Dr Novrikasari SKM MKes.

Pada hari ketiga, FKM Unsri menghadirkan tiga pemateriyaitu Asmaripa Ainy SSi MKes Wakil Dekan I FKM Unsri, Rini Mutahar SKM MKM Dosen FKM Unsri dan Desheilla Andarini SKM MPH Pengelola P3MP FKM Unsri. Pada hari ketiga ini webinar dimoderatori oleh Fatmalina Febry SKM MSi yang juga dosen FKM Unsri.

Suasana Webinar Series FKM Unsri

Ratusan peserta webinar tampak sangat antusias mengikuti kegiatan yang memberikan sertifikat ber-SKP IAKMI ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada semua pemateri. Partisipan tidak hanya  mahasiswa dari berbagai sekolah tinggi dan universitas di wilayah Sumatera Selatan. Tetapi juga dari Bengkulu, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

“Terimakasih kepada Rektor Unsri dan Kemendikbud RI atas dukungan yang telah diberikan dalam penyelenggaraan Webinar,” kata Dr Misnaniarti SKM MKM Dekan FKM Unsri. Ucapan terimakasih juga ditujukan kepada Ketua Panitia Elvi Sunarsih SKM MKes dan tim yang telah mempersiapkan dan menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik. (*)