Duo Pembobol KUA Bukit Kecil Dibekuk

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dua pelaku bobol Kantor Urusan Agama (KUA) Bukit Kecil, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang berhasil diringkus Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang.

Andika Valentino alias Eko (36), warga Jalan Kapten Cek Syeh Blok 9, Kelurahan 18 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil Palembang, dan Tri Wahyu Rizki (17), warga Jalan Candi Welan, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I Palembang.

Kedua pencuri berstatus buruh dan pengangguran ini, ditangkap Selasa 30 Juni 2020, sekitar pukul 20.30 WIB. Turut diamankan barang bukti berupa satu obeng dan satu tabung gas 3 kg.

Data polisi menyebut, aksi pencurian dengan pemberatan (curat) dilakukan kedua tersangka pada Selasa 7 April 2020, sekitar pukul 22.30 WIB. Mereka berhasil membawa kabur satu TV LED merk LG dan satu tabung gas 3 kg.

Pencurian diketahui keesokan harinya oleh Husni Yunus (52), ASN yang bekerja di KUA Bukit Kecil. Lalu langsung dilaporkannya ke Polsek Ilir Barat I Palembang.

“Ketika pelapor hendak masuk kantor, melihat pintu depan sudah rusak. Lalu masuk memeriksa ke dalam, ternyata TV dan tabung gas 3kg sudah tidak ada lagi,” kata

Kasatreskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono melalui Kanit Pidum, AKP Robert P Sihombing SH, Sabtu (4/7).

Robert menegaskan, akibat perbuatannya kedua tersangka dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman penjara diatas 5 tahun.

“Kedua tersangka dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolrestabes Palembang, dan masih dalam pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Ketika diintrogasi, kedua tersangka mengakui perbuatan mereka telah mencuri barang inpentaris di KUA Bukit Kecil. “Iya, kami yang melakukan pencurian di kantor itu,” katanya. (*)