Masyarakat Muba Siap Beradaptasi di Era New Normal

Dr H Dodi Reza Alex, Bupati Musi Banyuasin. Foto: diskominfo muba

SEKAYU, PALPOS.ID – New normal life di tengah pandemi Covid-19 tatanan baru yang banyak mengubah pola-pola kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru sesuai dengan protokol kesehatan.

Sesuatu yang baru dapat menjadi tantangan. Tapi beradaptasi di era new normal harus dipahami dan dilakukan bersama agar Covid-19 dapat terkendali dengan baik.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex mengatakan, menjaga daya tahan tubuh untuk tetap sehat di era new normal sangat penting. New normal ibarat kehidupan baru dimasa pandemi dengan protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19, sehingga setiap orang harus melakukan penyesuaian.

“Saat ini sejumlah pasar, tempat ibadah, restoran, sarana transportasi dan sarana olahraga mulai beroperasi kembali. Hal ini dilakukan demi menjaga roda perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat Covid-19,” ucapnya saat diwawancarai, Minggu (05/07/2020).

Dikatakan Dodi, kita harus mengubah mainset dan penerapan social distancing dengan cara yang baik serta peduli sesama. Disinilah harus saling menjaga satu sama lain dan saling memperdulikan.

Sementara Kadinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah menjelaskan, beradaptasi di era new normal yaitu prilaku masyarakat yang baru untuk bekerja, belajar, beraktifitas produktif dan aman dari Covid-19. Yang termasuk fasilitas umum, supermarket, hotel, restoran, terminal, sarana kegiatan olahraga, sarana transpotasi umum, tempat wisata, tempat ibadah, ruang rapat.

Adaptasi kebiasaan baru ini dengan memastikan dalam keadaan sehat sebelum keluar rumah. Bila demam, batuk, flu, nyeri tenggorokan dan sesak nafas tetap di rumah.

Lakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handrub. Hindari menyentuh wajah, dan jaga jarak.

“Semua bentuk protokol kesehatan di era new normal ini bisa kita lakukan secara kompak dan bersama-sama. Salam sehat mari kita laksanakan adaptasi kebiasaan baru di tempat dan fasilitas umum,” tandasnya. (*)