Bupati OKU Timur Resmikan Pasar Hewan Desa 

Bupati OKUT didampingi Ketua TP PKK OKUT Resmikan Pasar Hewan Desa Sumber Harjo, Senin (06/07/2020). Foto ardi/Palpos.ID

MARTAPURA, PALPOS.ID – Bupati OKU Timur (OKUT), HM Kholid MD SSos Msi, didampingi Ketua PKK Kabupaten OKU Timur, Hikmatul Maslikah, meresmikan Pasar hewan di Pasar Templek Desa Sumber Harjo Kecamatan Buay Madang Timur, Senin (06/07/2020).

Tokoh masyarakat Desa Sumber Harjo Kecamatan Madang Timur, Romdoni menuturkan, ada beberapa hal yang keterkaitan dengan program Desa Sumber Harjo, salah satunya pasar hewan ini.

“Dulu pasar hewan di kalangan pasar templek Desa Sumber Harjo ini areal pasarnya ini adalah aset Desa Sumber Harjo. Selama ini pasar hewan ini telah berjalan, namun disewakan oleh Desa, setelah masa sewa ini telah habis, akhirnya pasar hewan ini kembali diambil alih oleh Desa Sumber Harjo guna untuk menambah penghasilan desa,” jelasnya.

Sementara Bupati OKUT, HM Kholid menyampaikan, OKUT saat ini mempunyai 80.000 ribu lebih sapi dan kerbau yang merupakan terbesar di Sumatera Selatan. Jajaran Pemerintah sangat antusias sekali dan mengapresiasi pemikiran yang jenius usaha untuk Desa ini.

“Pada saat saya melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Belitang II ada masyarakat peternak sapi metal, linosin bahkan ada yang sampai berbobot 2 ton per ekor, ini bentuk bahwa telah berhasil akan tetapi kesulitan untuk menjual atau market nya, tetapi Alhamdulillah ada jalan nya dan ada tempat penjualannya yaitu di Provinsi jawa barat,” jelas Bupati.

Bahkan, ujar Bupati lebih lanjut, di Desa karang manik ada wilayah yang sebelumnya merupakan kebun karet semua di tebang dan dialihfungsikan di tanami rumput dan juga di tanami jagung serta di buat tepung untuk makanan sapi.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Desa Sumber Harjo yang telah mempunyai inisiatif untuk membuka pasar hewan ini kembali, manajemen pasar kedepannya perlu memperhatikan aspek kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan sehingga kesan pasar hewan yang kumuh, kotor, bisa dihindari. (ard)